Pelaku 'Buang' KIS di Tempat Sampah Belum Diketahui

Pelaku 'Buang' KIS di Tempat Sampah Belum Diketahui

Kacab BPJS Kesehatan Kabupaten Kepahiang, Desnita.--

Milik Peserta PBI APBN

RK ONLINE - Belasan KIS yang sebelumnya ditemukan warga berserakan di tempat sampah Kelurahan Kampung Pensiunan, Selasa (5/7/22) sudah diamankan di Kantor Cabang (Kacab) BPJS Kesehatan Kepahiang. Sayangnya meskipun sudah diketahui siapa pemiliknya, sampai saat ini pelaku yang tega membuang belasan keping KIS dan apa motifnya, masih belum diketahui dengan pasti.

BACA JUGA:Randis Mati Pajak, Bupati Instruksi Inventarisir

"Kami belum tahu siapa pelaku sebenarnya yang membuang kartu sehat milik masyarakat ini di tempat sampah. Saat ini kami berupaya agar belasan KIS ini segera sampai kepada pemiliknya," ujar Kacab BPJS Kesehatan Kepahiang, Desnita Adelina, S.KM.

 

Desnita mengungkapkan kalau pihaknya sudah melakukan pengecekan kepemilikan KIS BPJS Kesehatan tersebut. Hasilnya dari belasan KIS yang ditemukan di tempat sampah ini, 10 diantaranya merupakan kartu milik peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Sedangkan 1 keping lainnya, terdaftar milik Pekerja Bukan Upah (PBPU). 

BACA JUGA:Belasan KIS

"Hasil pemeriksaan juga menunjukan jika dari 11 keping KIS iini, 3 diantaranya tidak aktif lagi," jelas Desnita. 

 

Buka hanya itu saja, Desnita mengakui jika keikutsertaan 10 peserta BPJS Kesehatan PBI ini, merupakan peserta BPJS Kesehatan PBI yang biayanya ditanggung APBN. 

 

Dari pengecekan yang mereka lakukan, Desnita mengatakan jika kartu BPJS PBI APBN tersebut, dicetak Oktober 2015 lalu. Namun dari hasil pengecekan sistem BPJS, terdapat 4 kartu dari 11 kartu KIS BPJS Kesehatan tersebut sudah dicetak ulang oleh pemiliknya. 

 

"Kami juga akan melakukan pengecekan ulang. Terutama terkait dengan alamat maupun informasi-informasi pemilik kartu BPJS ini. Mengingat PBI adalah hak bagi masyarakat yang dibiayai oleh pemerintah," ungkapnya.

Sumber: