4 Ribu Dosis Vaksin PMK Didistribusikan

4 Ribu Dosis Vaksin PMK Didistribusikan

DOK/RK : Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, Syarkawi--

RK ONLINE - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu telah menerima alokasi 4 ribu dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari pemerintah pusat. Bahkan alokasi vaksin tahap pertama ini sudah didistribusikan ke daerah yang ditemukan kasus PMK untuk menghindari dan mempercepat penanganan PMK.

Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, drh. M. Syarkawi menyampaikan, 4 ribu dosis vaksin yang diterima pihaknya beberpa waktu lalu semuanya telah didistribusikan ke daerah atau wilayah yang terpapar PMK. 

"Vaksin yang diterima telah didistribusikan ke kabupaten yang memiliki kasus PMK diantaranya Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, dan Kabupaten Bengkulu Selatan. Vaksin langsung disuntikkan kepada ternak yang sehat untuk membentuk antibodi pada hewan ternak," paparnya, Selasa (28/6). 

Syarkawi menambahkan, pihaknya akan kembali mengajukan penambahan vaksin PMK untuk Provinsi Bengkulu jika penyaluran tahap pertama berhasil disalurkan secara menyeluruh.

"Jika tahap pertama sudah disalurkan menyeluruh kita akan ajukan kembali," ujar Syarkawi. 

Sementara itu, terhadap 447 ekor ternak yang positif PMK di wilayah Bengkulu, melaui pihak terkait telah melakukan tindakan lanjutan terhadap ternak tersebut seperti memberi obat anti virus, anti biotik dan ramuan tradisional. (gju)

Sumber: