Laporkan Gejala PMK Segera, Ini Ciri-cirinya

Laporkan Gejala PMK Segera, Ini Ciri-cirinya

Foto/Dok : Petugas melakukan vaksinasi Penyakit Kaki dan Mulut (PMK).----

RK ONLINE - Mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, membuat kalangan peternak merasa khawatir. Namun dibalik itu, pemilik dituntut jujur jika ternak menunjukkan gejala PMK serta melapornya kepada petugas peternakan dengan segera. Ini disampaikan oleh Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP.

 

"Kita membagi tips pada peternak untuk mencegah penularan PMK, yang paling utama adalah peternak harus jujur jika hewan menunjukkan gejala-gejala awal penyakit mulut dan kuku, biasanya hewan menunjukkan kemurungan hingga tidak nafsu makan," kata Hernawan.

 

BACA JUGA:Vaksin PMK Secara Massal

 

Menurutnya, peternakan yang terkena PMK memerlukan upaya penanganan proaktif sesegera mungkin, sebab tingkat kesakitan hewan hingga 100 persen dan masifnya penyebaran. 

 

"Makanya peternak atau pemilik harus jujur serta menghubungi petugas kesehatan hewan terkait bila menemukan tanda-tanda hewan ternak sakit. Daerah kita telah menyiapkan tim siaga untuk mengatasi wabah PMK, tim akan melakukan langkah yang seharusnya dilakukan," sampai  Hernawan.

 

Hernawan mengatakan kalau PMK, merupakan penyakit hewan berkuku belah yang bisa sangat parah dan mudah menular dari virus RNA genus Apthovirus dan memiliki tujuh serotipe (Variasi bakteri) berbeda. PMK dapat dilihat dari gambaran luka di sekitar mulut dan hidung, lemas, serta menurun produktivitasnya secara signifikan. 

 

"Mengantisipasi penyebaran PMK pada peternakan lain harus dilakukan proses desinfektan kandang dan pemberian vitamin," tegas Hernawan.

 

Sumber: