Baru 8,82 Persen, Capaian Vaksin Booster Masih Rendah

Baru 8,82 Persen, Capaian Vaksin Booster Masih Rendah

DOK/RK : Kabid P2P Dinkes Kabupaten Kepahiang, Wisnu Irawan, S.Kep, MM--

RK ONLINE - Vaksinasi Covis-19 terhadap masyarakat masih terus digencarkan Dinkes Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, melalui 14 puskesmas yang tersebar di 8 kecamatan. Hanya saja diketahui kalau hingga Juni ini, capaian target vaksin dosis III atau jenis booster, baru menyentuh angka 8,82 persen dari total sasaran 107.734 jiwa.

Sementara dosisi I sudah 91,68 persen dan dosis II, 74,49 persen. Pencapaian ini pula yang kemudian membuat Kabupaten Kepahiang, berada di peringkat VII terendah di atas Kabupaten Lebong, Mukomuko, dan Kabupaten Seluma.

Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si melalui Kabid P2P, Wisnu Irawan, S.Kep, MM mengatakan, untuk sekarang pelaksanaan vaksinasi tidak segencar diawal pelaksanaan vaksinasi. Karena itu berpengaruh terhadap capaian vaksin saat ini. 

"Sekarang masyarakat yang mendatangi pusat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin. Berbeda dengan sebelumnya, petugas kesehatan yang mendatangi rumah-rumah untuk melakukan vaksin," kata Wsinu. 

Menurutnya, minimnya peningkatan capaian vaksin dimungkinkan karena ada masyarakat Kabupaten Kepahiang yang divaksin di luar daerah. Kemudian ada kemungkinan juga tidak sinkronnya data sasaran dengan data yang ada di lapangan. 

"Untuk saat ini ada program vaksinasi dari jajaran Polres Kepahiang dan kita berharap masyarakat yang belum mendapatkan vaksin bisa vaksin melalui program vaksin ini," singkat Wisnu. 

 

Pewarta : Epran Antoni/Krn

Sumber: