Lewat Bir Ali

Lewat Bir Ali

Besaran biaya haji naik dan besaran biaya pelunasan juga ditetapkan berbeda sesuai tahun pemberangkatan masing-masing jemaah/Foto: Jemaah haji asal Kepahiang mengenakan pakaian Ihram bergerak menuju Kota Makkah.--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang tergabung dalam rombongan Kloter 7 Embarkasi Padang, mulai bergerak menuju Makkatul Mukarramah. Meninggalkan Kota Madinah pada Minggu (19/6), jamaah haji ini melaksanakan Miqat di Masjid Bir Ali sebelum tiba di Makkah. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Zulfakar Alamsyah, S.Ag menyampaikan, jemaah haji mulai mengenakan kain ihram. Selain itu, jemaah haji Kepahiang diinformasikan dalam keadaan sehat dan akan memulai rangkaian ibadah haji. 

 

"Jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang bersama rombongan kloter 7 sudah bergerak dari Kota Madinah menuju Kota Makkah melalui Bir Ali untuk melaksanakan miqad. Jadi Miqad ini dalam rangka memulai pelaksanaan rangkaian ibadah haji. Allhamdulillah jemaah haji kita dilaporkan dalam keadaan sehat dan semoga diberikan kekuatan fisik dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji," kata Zulfakar.

 

Perjalanan dari Madinah ke Masjid Bir Ali dijelaskannya, hanya memakan waktu sekira 20 menit. Setibanya di Bir Ali, jemaah diberikan waktu kurang dari satu jam untuk wudhu, shalat sunah dua rakaat, dan melakukan niat ihram. Ihram digunakan jemaah sejak dari pemondokan atau tempat menginap.

 

"Jemaah yang sudah meninggalkan Kota Madinah ini sudah melengkapi shalat Arbaindi perluasan Masjid Nabawi. Sebelum keberangkatan ke Makkah, jemaah dilakukan pematangan dengan dilaksanakannya manasik pada malam sebelum keberangkatan," demikian Zulfakar. 

 

 

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber: