Masih Ada Gelombang II Pendaftaran Kartu Prakerja

Masih Ada Gelombang II Pendaftaran Kartu Prakerja

RK ONLINE - Masyarakat yang telah mendaftar kartu prakerja gelombang I namun belum dinyatakan lulus masih memiliki kesempatan mengantongi kartu prakerja. Ini setelah pemerintah, kembali membuka pendaftaran gelombang II mulai 20-24 April 2020.

Kriteria utama penerima tak mengalami perubahan yakni, minimal berusia 18 tahun, belum bekerja dan korban PHK perusahaan. Tahapan proses pendaftaran juga tak mengalami perubahan. Pendaftar dapat mengakses situs www.prakerja.go.id, kemudian mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit secara online.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPTK) Kepahiang Yurnalis, S. Sos, M.Mpd menyampaikan pengumuman hasil akan disampaikan Jumat (24/04/2020) akan datang. "Kesempatan ini terbuka untuk umum, silakan mendaftar," sampai Yurnalis, Minggu (19/04/2020).

Ada 8 program pelatihan sesuai dengan platform digital mitra resmi program kartu prakerja yang diluncurkan oleh pemerintah pusat. Yakni, Tokopedia, Skil academy by ruang guru, maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir dan Sisnaker.

"Kartu prakerja yang dimiliki masyarakat Kepahiang ketika sudah dinyatakan lulus bukanlah berupa fisik, melainkan kode unik 16 angka yang bisa digunakan untuk alat pembayaran pelatihan," jelas Yurnalis. Baca Juga : KSPSI Soroti Pemecatan Karyawan Perusahaan Air Mineral Kemasan

Untuk diketahui, uang yang akan didapat peserta nantinya sebesar Rp 3.550. untuk biaya pelatihan. Rinciannya, bantuan biaya pelatihan Rp 1 juta untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra, selanjutnya insentif tunai yang akan ditansfer langsung kepada masyarakat.

Insentif terbagi dalam 2 bagian pertama, insentif pascapenuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu untuk 4 bulan (total Rp 2.400.00). Kedua insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei (3 kali survei).

Masyarakat Kepahiang yang ingin mendapatkan keterangan lebih lanjut, silakan ke kantor DPTK Kepahiang atau menghubungi website http://www.prakerja.go.id, email [email protected], instagram @prakerja.go.id, call center 021-25541246. Pewarta : Efran Antoni Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: