SMKN 1 Rejang Lebong Jadi Lokasi Penyaluran Bansos Dampak Covid-19

SMKN 1 Rejang Lebong Jadi Lokasi Penyaluran Bansos Dampak Covid-19

RK ONLINE - Kamis (16/04/2020) Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah didampingi oleh Forkopimda Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan kemanusian untuk warga di Rejang Lebong. Bantuan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini khususnya disalurkan untuk kelas ekonomi menengah ke bawah.

"Pertama-tama, saya ingin mengapresiasi di Kabupaten Rejang Lebong belum ada warganya yang terpapar Covid-19 sehingga masih zona hijau. Namun masyarakat tetap harus waspada, budayakan hidup bersih, dan selalu cuci tangan," sampai Rohidin.

Menurut Rohidin, Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras kepada warga yang terkana dampak pandemi Covid-19. Diantaranya karyawan yang dirumahkan sementara maupun yang dipecat atau PHK, pedagang kaki lima, tukang ojek, sopir Angkot dan Lansia.

Karena mereka ini terkena dampak pandemi Covid-19 lantaran pendapatan menurun bahkan ada yang tidak ada sama sekali. "Bantuan sosial yang dibagikan saat ini, memang suatu keharusan dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Untuk warga yang di PHK dan dirumahkan sementara saat ini bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu Pra Kerja," terangnya. Baca Juga : Pemprov Bengkulu dan RMBG Salurkan 5 Ton Beras di Lebong

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Rejang Lebong, Drs. Hartono menyampaikan, sekolahnya dipercaya menjadi tempat penyaluran bantuan oleh Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohindi Mersyah.

"Sembako yang dibagikan oleh pak gubernur juga diterima penjaga kantin sekolah, tukang parkir, tukang becak, karyawan hotel dan toko yang dipecat atau dirumahkan, serta karyawan yang di PHK. Termasuk juga bantuan dibagikan kepada sopir Angkota dan warga disabilitas. Kami pihak sekolah sangat senang sekolah kami dipercaya," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat menerangkan, pembagian bantuan Sembako berupa beras ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Bengkulu.

"Untuk pembagian beras yang dilalukan saat ini bagi 9 komunitas. Pembagian bantuan Sembako ini dibagi di 2 tempat. Pertama di daerah Bermani Ulu dan yang kedua di SMKN 1 Rejang Lebong. Kami berharap dengan adanya bantuan yang disalurkan oleh pak gubernur dapat membantu warga yang terdampak Covid-19," pungkasnya.  Pewarta : Riyadi Gultom Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: