Pemprov Bengkulu dan RMBG Salurkan 5 Ton Beras di Lebong

Pemprov Bengkulu dan RMBG Salurkan 5 Ton Beras di Lebong

RK ONLINE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Rakyat Bengkulu Media Grup (RBMG) menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Lebong terdampak wabah Covid-19, Kamis (16/04/2020). Total ada 5 ton beras serta 500 dus mie instan yang dibagikan kepada 500 masyarakat Lebong.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah di Pasar Rakyat Muara Aman Kecamatan Amen. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Leong H. Rosjonsyah, S.Ip, M.Si, General Manager (GM) Rakyat Bengkulu TV (RBTV) Pihan Pino, S.Ikom, M.Ikom dan juga GM Rakyat Bengkulu Marsal Abadi, SE, serta Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Pemprov Bengkulu.

Dalam kesempatan ini, Rohidin menyampaikan, paket bantuan sembako dari Pemprov Bengkulu itu diprioritaskan kepada kelompok masyarakat yang dianggap terdampak langsung wabah Covid-19. Contohnya seperti, ojek, supir angkot, juru parkir, kuli panggul hingga penyandang disabilitas. Baca Juga : Antisipasi Zona Merah Covid-19, Windra : Siapkan Tempat Isolasi Manfaatkan GOR

"Bantuan ini diberikan kepada kelompok masyarakat yang dianggap terdampak langsung Covid-19. Memang bantuan ini belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Selanjutnya bupati maupun walikota yang ada di Provinsi Bengkulu, bisa untuk segera menyalurkan bantuan dari realokasi anggaran yang sudah dilakukan," kata Rohidin.

Pemprov Bengkulu juga menerima bantuan Rp 108 miliar dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang akan dibagikan kepada masyarakat yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Bengkulu. Dalam hal ini bupati/walikota diminta segera mendata masyarakat yang terdampak covid-19 diwilayahnya masing-masing.

Dengan catatan masyarakat tersebut bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maupun penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). "Besaran bantuan yang akan diberikan yaitu Rp 600 ribu per bulan dan akan disalurkan selama 3 bulan," tambah Rohidin.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu akan mendapatkan jumlah total bantuan berbeda. Tergantung dengan jumlah masyarakat yang terdampak langsung di wilayahnya masing-masing. Baca Juga : Antisipasi Terima Bantuan Ganda, Data Warga Terdampak Covid-19 Kembali Dibahas

"Akan dibagi secara proporsional dengan jumlah masyarakat yang terdampak langsung dengan tingkat kejadian Covidnya seperti apa. Tentu akan sangat berhubungan dengan jumlah penduduk dan kondisi hilangnya mata pencarian, itu yang penting," demikian Rohidin.

Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.Ip, M.Si mengapresiasi bantuan sosial yang disalurkan Pemprov Bengkulu untuk masyarakat di Kabupaten Lebong. Diyakininya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang terdampak wabah covid-19.

"Bantuan ini merupakan kepedulian sosial dari pemerintah kepada masyarakat. Kami juga akan terus melakukan segala upaya pencegahan agar Kaupaten Lebong tetap berada di zona hijau," singkat Rosjonsyah.

Sementara itu General Manager RBTV mewakili RMBG, Pihan Pino, S.Ikom, M.Ikom mengimbau kepada masyarakat dan insan pers untuk membangun optimistisme dalam perang melawan Covid 19. Peran media sangat penting dalam menyajikan informasi akurat dalam membangun stigma positif ditengah masyarakat.

"Karena corona ini tidak terlihat kita berikan informasi yang benar untuk melawan stigma negatif terkait virus corona," singkatnya. Pewarta : Eko Hatmono Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: