Wonderfull Bengkulu 2020 dan Festival Tabut Ditunda

Wonderfull Bengkulu 2020 dan Festival Tabut Ditunda

RK ONLINE – Pandemi virus corona atau Covid-19 di Bengkulu berdampak terhadap penundaan Wonderfull Bengkulu 2020 dan pelaksanaan event lainnya yang sebelum sudah dijadwalkan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan SE, MM mengatakan, hampir seluruh program pengembangan pariwisata di Provinsi Bengkulu tahun ini ditunda.

"Kita harus mengikuti anjuran dan perintah presiden, kapolri, gubernur dan kementerian. Dilarang melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, dan menerapkan social distancing. Karena itulah event termasuk Festival Tabut ditunda guna menghindari penyebaran virus corona," kata Irsan, Selasa (07/04/2020).

Dikatakan, sebenarnya tahun ini banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka pengembangan pariwisata di Bengkulu. Bahkan tahun ini ada agenda event nasional dilaksanakan di Provinsi Bengkulu tapi harus ditunda.

"Karena kan kegiatan pariwisata itu, semuanya melibatkan orang banyak. Makanya seperti Festival Tabut yang rencananya dilaksanakan Muharam nanti ditunda. Karena tidak akan mungkin dikeluarkan izinnya dari pihak kepolisian," jelas Irsan.

Dilain sisi, Irsan menerangkan, pandemi virus corona menyebabkan industri pariwisata daerah anjlok karena sepinya pengunjung. Misalnya kunjungan hotel saat ini mengalami penurunan yang luar biasa.

"Masyarakat lebih banyak diam di rumah. Jadi bisa dikatakan tidak ada lagi wisatawan yang datang berkunjung. Kita berharap saja, pandemi virus corona ini segera berakhir. Sehingga kegiatan-kegiatan yang sudah disusun bisa dilaksanakan kembali kedepannya," sampai Irsan.

Terkait program Wonderfull Bengkulu 2020 yang disebutkan banyak pihak gagal, Irsan menegaskan jika itu penyataan yang salah. Seperti yang disampaikan gubernur, tambah Irsan, Wonderfull Bengkulu 2020 tahun ini tidak langsung berdampak terhadap meningkat jumlah kunjungan wisatawan.

"Tetapi tahun 2020 ini baru merupakan kick off atau baru dimulai. Nah, untuk peningkatannya akan dirasakan pada tahun-tahun berikutnya. Seiring dibangunnya sarana dan prasarana infrastruktur penunjang menuju destinasi wisata di yang ada di seluruh daerah di dalam wilayah Provinsi Bengkulu," demikian Irsan. Pewarta : Febri Yulian Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: