Tukin ASN Direncanakan Dipotong Guna Tangani Wabah Covid-19

Tukin ASN Direncanakan Dipotong Guna Tangani Wabah Covid-19

RK ONLINE - Tidak hanya kegiatan fisik, tapi Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) ikut diwacanakan ikut dialihkan untuk penanganan wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Lebong.

Pemotongan itu dilakukan untuk TPP bulan April hingga Juni mendatang. Dengan alasan kinerja PNS yang menurun dampak dari pandemi corona.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong, Mustarani Abidin, SH, M.Si Minggu (05/04/2020) menyampaikan, kinerja ASN sudah tidak efektif terhitung April sehingga pemotongan dilakukan secara rasional dan sesuai dengan kinerja yang bersangkutan.

Apalagi penerapan sistem absensi secara elektronik, e-kinerja dan e-TPP yang diwacanakan berlaku April diundur akibat wabah corona. "Tapi ini akan dirapatkan terlebih dahulu," kata Mustarani.

Dalam hal ini, besaran prosentasenya pemotongan TPP, akan terlebih dimatangkan. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong diminta untuk memperhitungkan terlebih dahulu, mengingat hal ini menyangkut hak bagi setiap PNS di Kabupaten Lebong. Baca Juga : Jika Darurat Covid-19 Berlanjut, Salat Tarawih di Rumah Saja

"TPP Januari hingga Maret akan tetap direalisasikan seperti biasa. Tinggal menunggu Perbup (Peraturan Bupati, red)," tambah Mustarani.

Langkah itu, lanjut Mustarani, merupakan salah satu bentuk kepedulian PNS dilingkungan Pemkab Lebong dalam menangani wabah virus Corona.

"Saat ini TAPD masih melakukan penyisiran anggaran di setiap OPD untuk direalokasikan untuk penangnan wabah virus corona. Termasuk wacana pemotongan TPP PNS," demikian Mustarani. Pewarta : Eko Hatmono Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: