Rejang Lebong Masih Kekurangan Armada Damkar

Rejang Lebong Masih Kekurangan Armada Damkar

RK ONLINE - Dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, baru 12 kecamatan diantaranya yang memiliki armada Pemadam Kebakaran (Damkar). Jumlah ini masih kurang dari seharusnya yakni setiap kecamatan minimal 2 armada Damkar. Ini disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Drs. H. Sumardi, M.Si, Kamis (27/02/2020).

"2020 ini kita hanya mendapatkan pengadaan 1 unit Damkar kapasitas 5000 liter air. Memang kita tahun ini juga ada pengadaan seragam anti panas dan api," katanya.

Menurut Sumardi, pihaknya tahun ini sebenarnya mengusulkan pengadaan sebanyak 3 unit Damkar. Mengingat armada Damkar masih kurang dan banyaknya titik rawan kebakaran. Baca Juga : Pasar Kuliner Akan Suguhkan Hiburan Setiap Minggunya

"Ya kalau personil, itu kita sudah dan ada disetiap kecamatan. Untuk sekarang, 12 unit Damkar ditempatkan diantaranya di Kecamatan PUT 2 unit, Kota Padang 2 unit, Bermani Ulu 1 unit, Sindang Kelinggi 1 unit, dan Bermani Ulu Raya 1 unit. Selebihnya ditempatkan di kantor Dinas Pemadam Kebakaran," terangnya.

Armada Damkar yang ada saat ini, sambung Sumardi, 3 diantaranya sudah berusia lanjut. Kekurangan armada Damkar yakni di Bengkok, SBI dan SBU. Padahal antar wilayah seperti Bengkok dari jalan besar memakan waktu hingga satu setengah jam.

"Makanya kita masih sangat membutuhkan armada Damkar ini. Karena itu ke depan kita akan kembali mengajukan pengadaan armada Damkar," ujarnya.

Sumardi menambahkan, empat tahun terakhir Dinas Pemadam Kebakaran tidak pernah mendapatkan kucuran DAK pemerintah pusat.

"Kita hanya mengandalkan anggaran dari APBD. Kita berharap pemerintah daerah dapat memprioritaskan Dinas Pemadam Kebakaran ini setara dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan," pungkasnya. Pewarta : Riyadi Gultom Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: