DPRD Kepahiang Apresiasi Kinerja Pemkab Kepahiang Tahun Anggaran 2023

Minggu 21-07-2024,14:34 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Melalui pembahasan Raperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Kepahiang Tahun Anggaran 2023, DPRD Kepahiang memberikan apresiasi kepada Pemkab Kepahiang. 

Apresiasi kepada Pemkab Kepahiang ini disampaikan DPRD Kepahiang atas kinerja Pemkab Kepahiang dalam mengelola dan merealisasikan anggaran tahun anggaran 2023.

BACA JUGA:Pangkalan Gas Elpiji Subsidi Wajib Perlihatkan HET dan Punya Plang Nama

Tidak hanya itu apresiasi terhadap pendapatan umum yang terealisasi hingga 98 persen saja, apresiasi ini juga diberikan DPRD Kepahiang atas pencapaian Pemkab Kepahiang terhadap PAD yang mencapai Rp 41.855.139.061,45 atau 103,08 persen dari jumlah target yang ditetapkan, Rp. 40.605.270.417.

 

Berdasarkan realisasi pendapatan daerah tahun 2023, Banggar mengapresiasi capaian pendapatan daerah yang meningkat dari tahun sebelumnya. Namun bersamaan dengan itu, masih terdapat beberapa catatan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan yang disampaikan dewan untuk tahun selanjutnya. 

 

Seperti yang disampaikan Anggota Banggar DPRD Kepahiang, Eko Guntoro, S.H. Dia mengatakan jika setelah  mencermati data capaian oendapatan daerah tahun 2023, masih didominasi Pendapatan Transfer Pemerintah Pusat dan Pemprov Bengkulu. 

BACA JUGA:Melalui Skema Pemeringkatan, Semua Tenaga Honorer Berpeluang Diangkat PPPK!

"Untuk itu kami menghimbau agar Pemkab Kepahiang dapat melakukan upaya-upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pengelolaan PAD, sehingga kontribusi PAD dalam APBD dapat lebih ditingkatkan," sampainya.

 

Senada dengan itu, Bambang Asnadi yang juga merupakan anggota Banggar DPRD Kepahiang meminta Pemkab Kepahiang dapat lebih aktif dalam hal menggali potensi PAD di Kabupaten Kepahiang.

 

"Kami harap bupati dapat menginstruksikan kepada OPD terkait, untuk proaktif menggali potensi PAD di Kabupaten Kepahiang. Tentunya hal ini merupakan sikap upaya peningkatan PAD demi kemandirian daerah ke depan," ucap Bambang Asnadi.

BACA JUGA:Realisasi DAK Rp 9 M Milik PUPR Kepahiang, Cuma 2 Titik Ini yang Kebagian Jatah!

Kategori :