Perwakilan Mitra unggulan PLN Rumah BUMN yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, Rumah Madu Hutan Jambi yang merupakan binaan Rumah BUMN Jambi dan Kopi Bermani Kepahiang yang merupakan binaan Rumah BUMN Kepahiang, Bengkulu. Dalam kegiatan ini, Rumah Madu Hutan Jambi berkesempatan mengenalkan dan menjual produk-produk unggulannya. Antara lain Madu Akasia (Acacia crassicarpa), Madu Kelulut/stingless Bee (Trigona sp), Bee Power, Bee Pollen dan Honey Combs. Sedangkan Kopi Bermani membawa 3 (tiga) produk unggulannya. Yakni Ground Coffe dari jenis Robusta, Arabica dan Liberica, serta Roast Bean dan Green Bean.
Sebagai UMKM Binaan Rumah BUMN PLN, Candra Lela dan Adi Negoro berharap, kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan, untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM. Selain itu juga sebagai salah satu cara untuk memahami kebutuhan produk yang ada di berbagai negara.
"Kami sangat terbantu dan berterimakasih kepada PLN yang telah mengikutsertakan kami dalam kegiatan ini. Kami juga berterimakasih kepada Bapak Erick Thohir dan Arya Sinulingga yang telah mendukung program pemasaran UMKM melalui pameran international seperti ini", ungkap Candra Lela.
Tak hanya pameran produk kuliner, barang dan jasa, Festival Pasar Senggol Turkey juga dimeriahkan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, business talks dan fashion show yang ditampilkan oleh para diaspora dan pelajar Indonesia, sanggar tari dan kampus mode dari Indonesia, serta penampilan friends of Indonesia. Panggung Pasar Senggol juga diisi dengan gala show pembukaan yang dihadiri juga oleh para Konsul Jenderal dari negara-negara Asia Pasifik dan dignitaries setempat.
Foto/Ist : UMKM Kopi Bermani Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.
Salah satu bussiness talk yang dilaksanakan pada hari kedua festival, bertajuk "Idonesia – Turkey Business Forum dan Global Leaders Award", mempertemukan para mitra Rumah BUMN dengan distributor-distributor lokal Turki. Kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani komunikasi dan pemasaran antara UMKM di Indonesia dengan distributor produk di negara berpenduduk 84 juta jiwa itu. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan networking dan relasi UMKM Mitra BUMN dan menemukan potensial buyer untuk pemasaran secara berkelanjutan kedepannya.
Melalui kegiatan seperti ini Manager Operasional dan Program Rumah BUMN PLN Jambi dan Kepahiang, Agung Yudha Prawira berharap, semakin banyak UMKM Mitra Rumah BUMN Khususnya PLN berkesempatan untuk menunjukan daya saing kualitas produk lokal kepada dunia. Serta dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membangun jaringan distribusi dan penjualan produk ke berbagai negara di eropa
Festival Pasar Senggol Turkiye juga dikunjungi oleh petinggi perusahaan-perusahaan multinasional. Seperti Indofood dan Unilever di Turkey. Dalam kunjungannya, mereka memberi masukan jika Istanbul merupakan 'Jalur Sutra Dunia'. Sehingga menjadi arah yang tepat untuk memesarkan dan memperkenalkan produk yang dimiliki Indonesia. Jika kualitas produk yang dimiliki pelaku-pelaku UMKM dapat menyesuakan standar di Istanbul, maka dapat membuka jalan ke pasar yang lebih luas, karena kebanyakan pasar Eropa merupakan produk yang melalui pasar di Istanbul.
Tidak hanya itu, rangkaian Festival Pasar Senggol Turkiye ini juga diharapkan dapat menjadi jalan pembuka bagi para UMKM Unggulan binaan BUMN Indonesia, untuk berkembang dan berkiprah di pasar Internasional, sesuai tujuan pembinaan UMKM BUMN yaitu UMKM Naik Kelas menuju Go Global.
Pewarta : Hay/Adv