Jangan Sampai Salah, Ini Cara Melarutkan Pupuk NPK yang Baik dan Benar Sesuai Takaran yang Tepat

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Melarutkan Pupuk NPK yang Baik dan Benar Sesuai Takaran yang Tepat

Cara melarutkan pupuk NPK yang baik dan benar sesuai takaran yang tepat/Fhoto: Ilustrasi--Istimewah

 

Hakikatnya pemberian pupuk NPK 16-16-16 baik subsidi ataupun non subsidi juga tidak baik jika diberikan terus menerus. Jangka waktu pemberiannya adalah dua minggu sekali. Selain itu, pupuk ini tidak boleh dijadikan pupuk tunggal untuk tanaman, karena pemberian pupuk kimia tidak boleh terlalu banyak.

BACA JUGA:Kabar Gembira Untuk Petani Kepahiang, Segini Alokasi Pupuk Subsidi Pemerintah Tahun 2024, Naik 50 Persen!

Terkait tata cara melarutkan pupuk NPK 16-16-16, sebenarnya sangat mudah, yakni hanya melarutkan ke dalam wadah berisi air dan diaduk sampai tercampur merata. Pastikan pupuk NPK benar-benar larut tanpa tersisa butirannya. Akan tetapi jika butiran bulat pupuk NPK 16-16-16 sulit larut atau bahkan tidak dapat larut, kamu perlu waspada dengan pupuk NPK 16-16-16 yang kamu punya karena bisa saja itu pupuk NPK palsu.

 

Selanjutnya yang jadi permasalahan adalah takaran yang tepat untuk melarutkan pupuk NPK 16-16-16 dengan air. Dapat disimpulkan bahwa satu sendok makan pupuk NPK 16-16-16 perlu dicairkan ke dalam 3 liter air. 

 

Jumlah yang disebutkan di atas, adalah takaran yang pas untuk melarutkan atau mencairkan pupuk NPK 16-16-16. Namun, jika kamu memiliki tanaman yang banyak dan penggunaan 3 liter ait larutan pupuk NPK 16-16-16 dirasa tidak cukup dan petani bisa meggandakannya.

Sumber: