5 Cara Mengantisipasi Hp Rawan Meledak Saat Dicharge, Nomor 5 Paling Penting!

5 Cara Mengantisipasi Hp Rawan Meledak Saat Dicharge, Nomor 5 Paling Penting!

Terdapat 5 cara mengantisipasi Hp meledak saat dicharge--Istimewah

 

Hal ini bisa terjadi karena baterai akan melakukan trickle charging yang dimana proses pengisian daya, berjalan secara perlahan setiap kapasitas baterai yang menurun. Memang baterai akan terisi penuh saat ingin digunakan. Namun efeknya kurang baik untuk jangka panjang.

BACA JUGA:Siap-Siap Kantong Dikuras, Hp Sultan Bernilai Puluhan Juta Ini Bakal Rilis Juli 2024

3. Jangan tinggalkan Hp ditempat panas

Bagi pengguna android, usahakan untuk tidak meninggalkan Hp di tempat panas seperti dashboard mobil atau dekat jendela. Sebab, tindakan ini akan memicu peningkatan suhu pada Hp dan mengalami overheating. Hal ini pula yang kemudian bisa menjadi pemicu Hp meledak saat dicharge.

 

4. Jangan isi baterai ditempat tidur

Jangan mengisi baterai Hp selama di tempat tidur adalah salah satu cara mengantisipasi Hp meledak saat dicharge. Karena tindakan demikian berisiko ponsel tertimbun di balik bantal dan membuatnya semakin panas. 

Peningkatan suhu tersebut kemudian dapat mengakibatkan Hp tak mampu menahan panas sampai akhirnya menyebabkan terjadinya overheat.

BACA JUGA:Dilengkapi Fitur GenAI, Ini Deretan 10 HP Berkemampuan GenAI Terlaris Tahun 2024

5. Hindari bermain Hp saat mengisi daya

Cara menghindari Hp meledak saat dicharge terakhir adalah, tidak menggunakannya saat mengisi daya. Karena selama pengisian daya dilakukan, baterai Hp akan mengalami peningkatan suhu.

 

Sehingga jika digunakan secara bersamaan, baterai akan bekerja dua kali lipat yang menyebabkan suhunya semakin meningkat. Konidisi ini biasanya disebut dengan parasitic load yang berdampak buruk pada ketahanan baterai dan juga meningkatkan suhu ponselnya. Jika itu terjadi, ponsel bisa terbakar dan akan membahayakan pemilik atau pengguna ponsel pintar itu sendiri.

Sumber: