Ada 8.000 Eksamplar Bantuan Buku Untuk Masjid an Gereja

Ada 8.000 Eksamplar Bantuan Buku Untuk Masjid an Gereja

Kadis Perpusda Muktar Yatib saat menerangkan prihal 8.000 eksamplar bantuan buku untuk rumah ibadah masjid dan gereja--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu tahun ini mendapatkan alokasi bantuan buku sebanyak 8.000 eksamplar. bantuan buku tersebut diterima dengan sasaran penyaluran rumah ibadah seperti masjid dan gereja.

 

Kepala Dinas Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd mengatakan jika bantuan buku tersebut sudah disalurkan sebanyak dua tahap sepanjang tahun 2024 ini. Dia mengatakan kalau perpustakaan rumah ibadah dikategorikan sebagai perpustakaan khusus.

BACA JUGA:Kabar Gembira: Rp 8,9 Miliar TPG Triwulan I 690 Guru di Kepahiang Sudah Proses Pencairan

"Keberadaan perpustakaan di rumah ibadah menjadi bagian penting, dimana buku yang disalurkan khusus untuk rumah ibadah. Untuk isinya tentu bacaan ibadah. Jadi, bantuan buku khusus rumah ibadah tersebut bukan hanya untuk masjid saja, tetapi juga untuk gereja," ujar Muktar.

 

Muktar menjelaskan, bantuan buku tersebut dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu. Terkait kebutuhan buku di rumah ibadah lanjut dia, dapat diteruskan oleh Dinas Perpusda Kepahiang kepada pihak-pihak terkait.

 

"Perpustakaan rumah ibadah adalah lembaga atau unit yang mengelola buku rumah ibadah, bukunya khusus keagamaan. Jika rumah ibadah memerlukan kelengkapan dan ketersediaan buku, kita siap usulkan," jelas Muktar. 

BACA JUGA:HEBOH! Visi Misi Sosok Misterius Sigit Sudarsono yang Disebut Poros Keempat Pilkada 2024 Kabupaten Kepahiang

Di sisi lain, Muktar Yatib mengatakan kalau bantuan bahan bacaan yang dibiayai oleh pemerintah tersebut, sudah diteruskan ke kelurahan dan desa juga. Selanjutnya diserahkan kepada masing-masing perpustakaan rumah ibadah. Setelah diserahkan, pihaknya melakukan pemantauan atau monitoring secara berkala.

Sumber: