Savero Adiel Khadafi Lubis: Mata Uang Rupiah Bergantung Pada Tren Global?

Savero Adiel Khadafi Lubis: Mata Uang Rupiah Bergantung Pada Tren Global?

Tren global dapat mempengaruhi kuat atau melemahnya mata uang rupiah di dunia.--DOK/Net

Itu dari satu sisi saja, yakni perdagangan. Bagaimana jika karena efek lainnya? Misalkan The Fed (Bank Sentral Amerika Serikat) menaikan suku bunga acuannya.

 

Sebagai negara maju, simpanan di Amerika dianggap lebih Safety dibanding di Indonesia yang sebagai negara berkembang. Maka para investor akan banyak yang mengalihkan dananya pindah ke Amerika Serikat dan ini, menimbulkan tingginya demand dolar atas rupiah. Maka hasilnya rupiah akan melemah.

 

Lalu apakah rupiah bisa menguat atas banyak mata uang? Bisa. Namun harus ada upaya kongkrit terutama volume ekspor harus tinggi dan CAD harus positif. 

Industri manufaktur harus tumbuh jika ingin rupiah meningkat, karena jika ini tumbuh, permintaan barang komplementer atau bahan baku industri tidak perlu di impor yang dapat meningkatkan demand dolar. Jika demand atas dolar turun, maka supplay dolar akan banyak sehingga rupiah dapat bergerak positif atas dolar.

BACA JUGA:6 Poin Ini Jadi Pertimbangan Dewan Pers Tolak RUU Penyiaran, Ini Rinciannya!

Demikian yang bisa saya paparkan, semoga tulisan ini dapat memberikan gambaran mengapa rupiah mudah terpengaruh oleh trend global. Meski sebenarnya masih banyak case-case yang dapat dibahas untuk topik ini, namun saya menganggap penjelasan diatas sudah dapat menjelaskan secara keseluruhan

Sumber: