ASN Kepahiang Simak! Lelang Jabatan Eselon II Tinggal Menunggu Rekomendasi BKN

ASN Kepahiang Simak! Lelang Jabatan Eselon II Tinggal Menunggu Rekomendasi BKN

ASN Kepahiang Simak! Lelang Jabatan Eselon II Tinggal Menunggu Rekomendasi BKN--Jimmy Mayhendra

ASN Kepahiang Simak! Lelang Jabatan Eselon II Tinggal Menunggu Rekomendasi BKN

RK ONLINE - Sejak mutasi dan rotasi pejabat beberapa waktu yang lalu, kini sejumlah kursi pejabat Eselon II atau setara Kepala Dinas (Kadis) di Kabupaten Kepahiang menjadi tak berpenghuni. Adapun keempat kursi yang dimaksud diantaranya Kepala Disperinaker, Kepala Satpol PP PBK, Kepala BPBD dan Inspektur pada Inspektorat Kepahiang.

Guna mengisi kekosongan jabatan itu, Pemkab Kepahiang berencana untuk melaksanakan lelang jabatan. Wacana ini sebetulnya sudah digalakkan sejak jauh-jauh hari dan sekarang sudah mulai berproses.

BACA JUGA:Waspada Pinjol Ilegal, Kini Tawaran Pinjol Banyak Beredar Jelang Idul Fitri

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Hartono, M.Pd menuturkan bahwa saat ini soal lelang jabatan tersebut, hanya tinggal menunggu rekomendasi dan persetujuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) saja.

"Totalnya ada 4 kursi yang kosong, nah itu akan dilakukan lelang jabatan. Untuk saat ini kita masih menunggu rekomendasi dari BKN dulu, baru proses lelang bisa dilakukan," ujar Sekda.

BACA JUGA:Soal Gas Elpiji Tidak Penuh, Ini Langkah yang Dilakukan Pemkab Kepahiang!

Meskipun saat ini dari masing-masing OPD tersebut sudah dihuni oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt), namun hal itu tetap tidak dapat mengurungkan wacana lelang ini. Sebab menurut Sekda, wewenang seorang Plt di suatu instansi hanya terbatas.

"Meskipun sekarang ada Plt nya, tapi kan wewenang seorang Plt itu terbatas," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa meskipun telah melakukan rotasi, promosi dan mutasi PNS yang meliputi pejabat eselon II, eselon III dan IV, kekosongan jabatan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan Pemkab Kepahiang masih ditemukan.

BACA JUGA:Masyarakat Geram, Tabung Gas Elpiji yang Baru Dibeli Tidak Berisi Penuh!

Bukan hanya satu OPD, kekosongan pada kursi kepala OPD ini terdapat di 3 OPD karena tidak memiliki pimpinan definitif. Adapun ketiga OPD tersebut yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP PBK dan Inspektorat. Sementara OPD Disperinaker mengalami kekosongan jabatan, lantaran ditinggal oleh Almarhum A. Ghani, S.Sos yang meninggal dunia.

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang dikonfirmasi terkait hal ini mengakui jika sampai saat ini, 3 OPD tersebut memang tidak bisa dipaksakan untuk langsung dijabat oleh pimpinan baru. Karena menurut bupati, sampai saat ini belum ada pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Kepahiang yang dinilai layak untuk mengisi jabatan pimpinan pada 3 OPD tersebut.

BACA JUGA:Masyarakat Geram, Tabung Gas Elpiji yang Baru Dibeli Tidak Berisi Penuh!

Sumber: