Apakah Puasa Tetap Lanjut Jika Mimpi Basah Saat Puasa, Begini Penjelasannya!

Apakah Puasa Tetap Lanjut Jika Mimpi Basah Saat Puasa, Begini Penjelasannya!

Apakah Puasa Tetap Lanjut Jika Mimpi Basah Saat Puasa, Begini Penjelasannya!/--www.istockphoto.com

Apakah Puasa Tetap Lanjut Jika Mimpi Basah Saat Puasa, Begini Penjelasannya!

RK ONLINE - Ketika bulan Ramadhan tiba, pertanyaan seputar mimpi basah sering kali muncul di benak umat Muslim. Banyak yang ragu apakah puasa mereka masih sah atau tidak setelah mengalami mimpi basah, sebuah fenomena alami yang umum terjadi pada pria dewasa.

 

Mimpi basah sendiri adalah proses di mana terjadi keluarnya air mani atau sperma saat tidur akibat mimpi erotis. Ini menjadi masalah karena keluarnya air mani dianggap membatalkan puasa, baik karena onani atau aktivitas intim meski tanpa hubungan badan.

BACA JUGA:Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

Namun, bagaimana jika air mani keluar saat mimpi basah di siang hari bulan Ramadhan? Apakah puasa masih bisa dilanjutkan?

 

Menurut Syekh Ali Jum'ah dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, mimpi basah yang terjadi saat tidur siang tidak membatalkan puasa. Hal ini karena keluarnya air mani tidak disengaja dan tidur tidak mempengaruhi aturan Allah, sama seperti anak kecil yang belum baligh atau orang yang tidak sadar.

 

"Orang berpuasa yang mengalami mimpi basah ketika tidur siang tidak berdosa," ungkap Syekh Jum'ah.

BACA JUGA:Sidang Isbat 1 Ramadhan 2024, Jadwal Puasa Ramadhan 1445 Hijriah Versi Pemerintah

Syekh Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain juga menjelaskan bahwa puasa hanya batal jika keluarnya air mani terjadi secara sengaja, misalnya karena sentuhan atau aktivitas seksual.

 

Perlukah Mandi Wajib?

Sumber: