Kepala Pusing Setelah Minum Kopi, Ini Penjelasannya Berikut Cara Mengatasinya

Kepala Pusing Setelah Minum Kopi, Ini Penjelasannya Berikut Cara Mengatasinya

Kepala Pusing Setelah Minum Kopi, Ini Penjelasannya Berikut Cara Mengatasinya/--www.istockphoto.com

Kepala Pusing Setelah Minum Kopi, Ini Penjelasannya Berikut Cara Mengatasinya

RK ONLINE - Pernahkah Anda merasa kepala pusing setelah menyeruput secangkir kopi? Bagi beberapa orang yang sensitif terhadap kafein, ini bukanlah hal yang asing. Tetapi, mengapa kepala bisa pusing setelah minum kopi?

 

Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat menjadi penyebabnya. Kandungan kafein ini memiliki dua efek yang mungkin menyebabkan kepala pusing:

BACA JUGA:Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Langsung dari Pakar Gizi!

Kafein Menyebabkan Dehidrasi: Kafein bersifat diuretik, yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi, yang pada gilirannya bisa membuat kepala terasa pusing. Dehidrasi juga bisa mengakibatkan kekurangan magnesium dalam tubuh, yang dapat memicu munculnya migrain.

 

Kafein Menyebabkan Kecanduan: Mengonsumsi kafein secara teratur dapat menyebabkan kecanduan. Saat konsumsi kafein tiba-tiba dihentikan, seseorang bisa mengalami gejala penarikan atau "caffeine withdrawal". Salah satu gejalanya adalah sakit kepala. Gejala ini biasanya muncul dalam waktu 12-24 jam setelah menghentikan konsumsi kafein, dan bisa bertambah serius dalam 20-51 jam berikutnya.

 

Meskipun kepala pusing setelah minum kopi seringkali terjadi pada orang yang sensitif terhadap kafein, tetapi juga dapat dialami oleh mereka yang terbiasa mengonsumsi kopi secara rutin.

BACA JUGA:Olahraga 4 Menit Sehari Bisa Membantu Jaga Kesehatan Otak, Buktikan Sekarang!

Untuk mengatasi kepala pusing setelah minum kopi, berikut beberapa langkah yang dapat dicoba, seperti dilansir dari Healthline:

 

Pastikan untuk minum cukup air putih agar tidak dehidrasi.

Sumber: