Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Langsung dari Pakar Gizi!

Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Langsung dari Pakar Gizi!

Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Langsung dari Pakar Gizi!/--www.istockphoto.com

Tips Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Langsung dari Pakar Gizi!

RK ONLINE - Puasa Ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus, tapi juga momen untuk menjaga pola makan agar tetap sehat. Namun, seringkali banyak orang yang melakukan kesalahan dalam diet selama bulan puasa ini.

 

Dr. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam M.Gizi, SpGK (K), dokter spesialis gizi klinis dari Alia Hospital Jakarta Timur, mengungkapkan beberapa kesalahan yang sering terjadi.

BACA JUGA:Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur

Salah satu tantangan terbesar adalah saat berbuka. Berbagai hidangan lezat seringkali membuat seseorang tergoda untuk makan berlebihan.

 

Menurut dr. Nurul, untuk menjaga berat badan, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti gorengan. Lebih baik mengonsumsi buah yang mengandung banyak air untuk menghindari dehidrasi.

 

Selain itu, dr. Nurul juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis-manis serta makanan olahan tepung. Sebaiknya, ganti dengan karbohidrat kompleks.

BACA JUGA:Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mampu Dijadikan Obat Alami Pereda Mual

Meskipun banyak orang berpikir bahwa mengurangi porsi sahur bisa membantu dalam diet, dr. Nurul menegaskan bahwa hal itu justru tidak efektif. Kurangnya asupan saat sahur bisa membuat seseorang justru lebih lapar saat berbuka.

 

Bagi yang ingin menjaga nutrisi selama puasa, dr. Nurul menyarankan untuk tidak memandang puasa Ramadan sebagai sesuatu yang rumit. Pola makan bisa tetap sama seperti biasanya, hanya dengan sedikit penyesuaian waktu.

Sumber: