Hormon Stres Meningkat, Waspadai Efek Samping dari Kebiasaan Minum Kopi Pagi Hari Ini

Hormon Stres Meningkat, Waspadai Efek Samping dari Kebiasaan Minum Kopi Pagi Hari Ini

Waspadai efek samping minum kopi pagi hari ini untuk mejaga kesehatan.--istimewah

Hormon Stres Meningkat, Waspadai Efek Samping dari Kebiasaan Minum Kopi Pagi Hari Ini

RK ONLINE - Apakah Anda suka menikmati kopi pagi hari? Ternyata, kebiasaan ini memiliki efek samping yang perlu diperhatikan terutama untuk kesehatan tubuh.

 

Sebuah artikel terbaru menunjukkan bahwa minum kopi pagi hari, disebut mungkin tidak begitu baik untuk kesehatan Anda. Meskipun belum ada penelitian yang secara khusus membahas efek minum kopi pagi hari ini, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai.

BACA JUGA:Tips Berpuasa Sehat Agar Tetap Fit Selama Bulan Ramadhan

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, minum kopi pagi hari dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres dalam tubuh. Hal ini dapat berdampak negatif pada sistem tubuh Anda, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

 

Selain itu, minum kopi pagi hari juga bisa membuat Anda merasa mengantuk di siang hari. Kafein dalam kopi memberikan energi tambahan di pagi hari, tetapi efeknya hanya bertahan sekitar lima jam, membuat Anda merasa lebih mengantuk di siang hari.

 

Selain itu, jika kopi tersebut ditambahkan susu juga memungkinkan akan menjadi penyebab utama masalah pencernaan. Sebab susu sendiri adalah minuman yang berat untuk dicerna dan minum kopi susu pagi hari, bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Tips Berpuasa Sehat dan Tetap Bugar Menjelang Ramadhan

Beberapa efek samping lain dari minum kopi pagi hari yakni sakit kepala, insomnia, gelisah, peningkatan irama jantung bahkan gejala alergi pada orang yang sensitif terhadap kopi atau susu.

 

Terkait waktu yang paling tepat minum kopi selain pagi hari ini, para ahli mengungkapkan jika waktu terbaik untuk minum kopi atau kopi susu susu adalah antara pukul 9.30 hingga 11.00 pagi. Ini karena pada jam-jam tersebut, tubuh Anda dapat mendapatkan manfaat kafein yang lebih besar dan menghindari rasa mengantuk di siang hari.

Sumber: