Tips Aman dan Waktu yang Tepat Minum Kopi Saat Puasa

Tips Aman dan Waktu yang Tepat Minum Kopi Saat Puasa

Tips Aman dan Waktu yang Tepat Minum Kopi Saat Puasa /--www.istockphoto.com

Tips Aman dan Waktu yang Tepat Minum Kopi Saat Puasa 

RK ONLINE - Bagi penggemar kopi yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, pertanyaan tentang kapan waktu yang tepat untuk minum kopi sering kali muncul. 

 

Banyak yang khawatir bahwa minum kopi saat sahur bisa menyebabkan dehidrasi karena kandungan kafeinnya yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. 

BACA JUGA:Benarkah Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Ini Jawabannya!

Di sisi lain, minum kopi saat berbuka puasa terkadang bisa mengganggu tidur di malam hari, membuat seseorang telat atau bahkan melewatkan sahur.

 

Bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi, menjalani puasa tanpa asupan ini bisa menimbulkan gejala penarikan kafein, seperti sakit kepala, kelelahan, dan suasana hati yang buruk. Namun, ada beberapa tips dan waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa agar ibadah tetap lancar dan kesehatan terjaga.

 

Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi Saat Puasa

Waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa adalah setelah sahur atau sebelum waktu isya setelah berbuka puasa. Asal tidak berlebihan, dengan perut terisi dan tanpa riwayat gangguan pencernaan, minum kopi saat puasa umumnya aman. Setiap orang memiliki preferensi waktu minum kopi yang berbeda, tergantung kebiasaan dan kebutuhan tubuh mereka.

BACA JUGA:Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh dan Jiwa, Penting Untuk Kesehatan!

Bagi yang biasa minum kopi di pagi hari, minum kopi saat sahur adalah pilihan yang baik. Sedangkan bagi yang biasa minum kopi di siang atau sore hari, minum kopi saat berbuka puasa bisa menjadi alternatif. Namun, hindari minum kopi terlalu larut malam atau setelah waktu isya karena dapat memengaruhi kualitas tidur.

 

Sumber: