Petugas Pemilu 2024 yang Meninggal Dunia Terus Bertambah, Terbanyak Anggota KPPS!

Petugas Pemilu 2024 yang Meninggal Dunia Terus Bertambah, Terbanyak Anggota KPPS!

Petugas Pemilu 2024 yang Meninggal Dunia Terus Bertambah, Terbanyak Anggota KPPS!/--radarkepahiang.id

Petugas Pemilu 2024 yang Meninggal Dunia Terus Bertambah, Terbanyak Anggota KPPS!

RK ONLINE - Menyusul perhitungan terbaru, Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan bahwa total kematian petugas pemilu 2024 terus meningkat. Data terbaru yang dilaporkan pada Rabu 20 Februari 2024 menunjukkan bahwa jumlah kematian mencapai 94 orang, dengan mayoritas korban berasal dari anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

 

"Ada penambahan kematian menjadi 94 kasus," ujar Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi seperti dilansir dari detikcom.

BACA JUGA:Anggota KPPS Merapat, Simak Tips Menjaga Kesehatan Agar Tak Tumbang Saat Pemilu 2024

Meskipun belum ada rincian terbaru mengenai penyebab meninggalnya petugas pemilu, namun data sebelumnya menunjukkan bahwa penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian mereka.

 

Hasil skrining kesehatan petugas pemilu menunjukkan bahwa banyak di antara mereka memiliki riwayat komorbid seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan hipertensi.

 

Pemerintah sebenarnya telah melakukan upaya mitigasi atau pencegahan agar jumlah kasus fatal tidak terus meningkat seperti pada pemilu lima tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Toyota Rush Hybrid 2024, Hadirkan Keunggulan yang Menarik dan Ramah Lingkungan

Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan membatasi partisipasi lansia dan mereka yang memiliki riwayat komorbid dalam kegiatan sebagai petugas pemilu.

 

Namun, masih terdapat daerah-daerah di mana kekurangan sumber daya manusia (SDM) memaksa kelompok tersebut untuk tetap bertugas.

Sumber: