Apa Benar Kondisi Otak dan Stres Berpengaruh Terhadap Kesehatan Mental, Ini Faktanya!

Apa Benar Kondisi Otak dan Stres Berpengaruh Terhadap Kesehatan Mental, Ini Faktanya!

Apa Benar Kondisi Otak dan Stres Berpengaruh Terhadap Kesehatan Mental, Ini Faktanya!/--www.istockphoto.com

Menyusutkan Otak: Stres juga dapat menyusutkan volume otak secara keseluruhan, terutama di area yang berhubungan dengan pengaturan emosi, metabolisme, dan memori. Area penting seperti hipokampus dan korteks prefrontal dapat mengalami penyusutan volume, mengakibatkan masalah kesehatan mental.

 

Mengaburkan Ingatan: Stres dapat membuat seseorang sulit untuk mengingat informasi, bahkan hal-hal sepele sekalipun. Meskipun beberapa tingkat stres dapat meningkatkan daya ingat, stres yang berlebihan atau pada waktu yang tidak tepat dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mengingat informasi.

BACA JUGA:Benarkah Kurang Tidur Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Wanita?

Kesimpulan

Stres bukanlah masalah yang sepele, terutama ketika melibatkan kesehatan otak kita. Penting untuk menyadari bahwa tidak semua stres bersifat merugikan, namun stres yang berkepanjangan dan tidak terkelola dengan baik dapat memiliki dampak yang serius pada kesehatan mental dan fisik kita. Dengan memahami dampak stres pada otak, kita dapat lebih memperhatikan pentingnya mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari kita.

 

Sumber: