Bolehkan Pijat Setelah Berolahraga, Simak Ini Penjelasan Selengkapnya!

Bolehkan Pijat Setelah Berolahraga, Simak Ini Penjelasan Selengkapnya!

Bolehkan Pijat Setelah Berolahraga, Simak Ini Penjelasan Selengkapnya!--Dok/Net

Bolehkan Pijat Setelah Berolahraga, Simak Ini Penjelasan Selengkapnya!

RK ONLINE - Meskipun membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun gerakan olahraga yang keliru dapat berpengaruh pada otot. Dalam beberapa kasus, banyak orang yang merasakan pegal, kram otot bahkan terasa nyeri seperti menjalar ke seluruh tubuh Pascaolahraga. 

Hal ini kerap membuat sebagian orang merasa tidak nyaman, hingga akhirnya memutuskan untuk memijat bagian yang terasa nyeri tersebut. Namun yang jadi pertanyaan, apakah memijat bagian yang nyeri setelah berolahraga itu baik untuk kesehatan? simak penjelasannya berikut ini:

BACA JUGA:Begini Komentar Wakil Bupati Kepahiang Soal Musrenbangcam, Nata: Pilah Pilih!

Dilansir dari Hallodoc, sebenarnya pijat merupakan salah satu cara mudah untuk menghilangkan nyeri otot sekaligus pegal tubuh setelah berolahraga. Akan tetapi, pijat untuk nyeri otot habis olahraga memiliki teknik yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

 

Pijat setelah berolahraga dapat dianjurkan, setidaknya selama satu jam supaya tubuh bisa merasakan efeknya secara maksimal. Pada jangka waktu tersebut, reaksi pijatan yang dilakukan memberikan dampak pada tubuh, seperti mengurangi peradangan pada otot, mengembalikan kelenturan, dan mengurangi rasa lelah yang timbul karena berolahraga.

BACA JUGA:Berlaku Sistem Gugur, Ini 6 Tahapan Program Magang ke Jepang Disperinaker Kabupaten Kepahiang

Jenis pijatnya juga tidak sembarangan, setidaknya teknik pijat yang dilakukan adalah Thai, Shiatsu, active release, Chinese, dan myofascial release. Jenis-jenis pijatan tersebut berfokus pada tendon, lapisan otot paling dalam, dan fasia (lapisan yang melindungi otot, sendi, dan tulang).

Jika kamu melakukan pijatan dengan cara yang benar, maka pijat setelah berolahraga ini akan memberimu beragam khasiat yang meliputi: 

BACA JUGA:Tahukah Kamu Tidur Berlebihan Ternyata Bisa Jadi Gejala Masalah Kesehatan Serius

1. Pemulihan Otot Lebih Cepat

Ternyata, nyeri otot habis olahraga bisa segera pulih dengan dipijat, lho. Pasalnya, gerakan pijat bisa mengurangi peradangan pada otot yang menegang, bahkan rusak karena gerakan berlebihan ketika kamu berolahraga. Aktivitas ini merangsang sel pada otot untuk membuat lebih banyak energi, sehingga tubuh bisa pulih, dan bisa melanjutkan kegiatan lain tanpa diganggu rasa nyeri.

 

Sumber: