Totalnya 3.246 Orang, Pemerintah Segera Pindahkan ASN ke IKN

Totalnya 3.246 Orang, Pemerintah Segera Pindahkan ASN ke IKN

Totalnya 3.246 Orang, Pemerintah Segera Pindahkan ASN ke IKN/--bkpsdmd.babelprov.go.id

Totalnya 3.246 Orang, Pemerintah Segera Pindahkan ASN ke IKN

RK ONLINE - Pemerintah tengah merancang skema pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan rentang periode Juli-November 2024. Sebanyak 3.246 ASN direncanakan akan pindah ke IKN dalam waktu tersebut.

 

Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik KemePANRB Mohammad Averrouce, menjelaskan bahwa pemindahan ASN akan dilakukan secara bertahap. ASN yang pindah pertama kali ke IKN akan mendapatkan insentif pionir. Namun, detail mengenai jumlah ASN yang akan pindah pertama kali masih harus menyesuaikan dengan kesiapan hunian yang tersedia.

BACA JUGA:Rekrutmen PNS IKN, Pemerintah Persiapkan Kuota Khusus Untuk Masyarakat Lokal

Averrouce menegaskan bahwa besaran insentif pionir dan komponen-komponen insentif tersebut masih dalam proses perhitungan dan pembahasan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan ASN yang pindah ke IKN.

 

Anggaran untuk pemindahan ASN ke IKN sudah tercantum dalam APBN 2024, namun besaran anggaran tersebut belum diuraikan secara detail. Kementerian PANRB sedang mengoordinasikan dengan Kementerian Keuangan untuk menyesuaikan jumlah ASN yang pindah dari masing-masing kementerian/lembaga.

 

Nama-nama ASN yang akan pindah ke IKN sudah dikantongi, namun masih menunggu kesiapan hunian ASN di IKN sebelum penjadwalan keberangkatannya. Sejumlah menteri, termasuk Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Sekretaris KemenPANRB Rini Widyantini, dan Mohammad Averrouce sendiri, juga terjadwal untuk pindah ke IKN tahun ini.

BACA JUGA:Fokus Pemindahan ASN ke IKN, Seleksi CASN 2024 Diperketat

Pemindahan ASN ke IKN merupakan langkah strategis dalam pemindahan Ibu Kota Negara, dan pemerintah menegaskan komitmen untuk melaksanakan proses ini dengan tertib dan efisien.

 

Sumber: