Jadwal Tes CPNS 2024 Akan Dibuka Bulan Maret Dengan Kuota 2,3 Juta Formasi

Jadwal Tes CPNS 2024 Akan Dibuka Bulan Maret Dengan Kuota 2,3 Juta Formasi

Jadwal Tes CPNS 2024 Akan Dibuka Bulan Maret Dengan Kuota 2,3 Juta Formasi/--tribunnews.com

Jadwal Tes CPNS 2024 Akan Dibuka Bulan Maret Dengan Kuota 2,3 Juta Formasi

RK ONLINE - Calon pelamar CPNS 2024 dapat menantikan kabar terkait jadwal tes yang akan segera dibuka. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 direncanakan dibuka pada bulan Maret dengan alokasi sebanyak 2,3 juta formasi yang diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa lowongan tersebut sesuai dengan perintah Presiden Jokowi untuk merekrut talenta baru, khususnya fresh graduate, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara merata di seluruh Indonesia dan untuk kepentingan Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Cek Jurusan Kamu Sekarang, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Pemerintah Untuk 2,3 Juta Formasi

Menyinggung terkait jadwal rekrutmen CPNS 2024, Azwar menyebutkan bahwa prosesnya tidak akan otomatis direkrut pada bulan Januari 2024 ini. Terdapat proses pengumuman dan sejumlah tahapan lainnya seperti tahap A, B, C, D. Diperkirakan seleksi baru akan dibuka pada bulan Maret atau April.

 

Terkait pelaksanaan tes CPNS 2024, berdasarkan jadwal penerimaan tahun-tahun sebelumnya, tes seleksi membutuhkan waktu sekitar 3-4 pekan sejak pengumuman dibukanya CPNS, yang diikuti dengan tahap pendaftaran

 

Dengan demikian, jika pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dimulai pada pekan ketiga Maret atau awal April, maka estimasi tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dapat dimulai pada akhir Mei.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka, Presiden Jokowi Umumkan 2,3 Juta Formasi, Persiapkan Syaratnya!

Selepas tes SKD, peserta yang lulus akan melanjutkan ke tes seleksi kompetensi bidang (SKB) yang diperkirakan dimulai pada pekan pertama Juli 2024.

 

Meskipun pembukaan seleksi CPNS 2024 masih beberapa bulan lagi, calon pelamar dapat mempersiapkan beberapa persyaratan, seperti kartu keluarga, KTP, ijazah, transkrip nilai, pas foto, swafoto/selfie, dan dokumen lain sesuai ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

Sumber: