Bisa Menyebar ke Seluruh Tubuh, Jangan Anggap Enteng Penyakit Kulit Satu Ini!

Bisa Menyebar ke Seluruh Tubuh, Jangan Anggap Enteng Penyakit Kulit Satu Ini!

Bisa Menyebar ke Seluruh Tubuh, Jangan Anggap Enteng Penyakit Kulit Satu Ini!/--www.istockphoto.com

Bisa Menyebar ke Seluruh Tubuh, Jangan Anggap Enteng Penyakit Kulit Satu Ini!

RK ONLINE - Eksim (Dermatitis Atopik) adalah penyakit kulit kronis (menahun) yang membuat kulit merah meradang, bengkak, gatal, dan pecah-pecah.

 

Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis eksim yang paling umum. Jenis lainnya adalah dermatitis kontak, dermatitis seboroik, eksim dishidrosis, dan masih banyak lagi.

 

Penyakit ini ditandai dengan gatal pada kulit yang amat parah sehingga mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. Jika digaruk, area kulit yang terasa gatal akan menjadi kering dan bahkan mengelupas.

BACA JUGA:Sejarah Penyebaran Virus HIV, Benarkah Berawal Dari Seekor Simpanse?

Penyakit ini kerap dijumpai disegala golongan, tidak kenal perempuan atau laki-laki, tua atau muda, semua beresiko. Bahkan tak jarang karena menganggapnya enteng, penyakit ini kerap menjalar dan menyebar ke seluruh tubuh.

 

Dermatitis atopik biasanya muncul pertama kali pada bayi berusia di bawah satu tahun. Penyakit yang juga dikenal sebagai eksim kering ini bisa terus kambuh hingga dewasa. Bagi sebagian anak, gejalanya dapat membaik atau bahkan hilang.

 

Eksim dapat menimbulkan gejala khas berupa rasa gatal yang begitu hebat dan munculnya ruam di beberapa bagian tubuh, terutama tangan, kaki, leher, dada, lutut, serta lipatan tubuh, seperti siku dan ketiak.

BACA JUGA:Musim Hujan Waspada Terjangkit Cacar Air, Berikut Gejala, Faktor Risiko Hingga Cara Mengobati Cacar Air

Tak hanya ruam dan gatal, eksim atau dermatitis atopik juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kasar, terasa tebal, dan bersisik.

Sumber: