Penemuan Baru! Olahraga Singkat Ini Ternyata Bisa Membantu Meredakan Kebiasaan Merokok

Penemuan Baru! Olahraga Singkat Ini Ternyata Bisa Membantu Meredakan Kebiasaan Merokok

Penemuan Baru! Olahraga Singkat Ini Ternyata Bisa Membantu Meredakan Kebiasaan Merokok/--www.istockphoto.com

Penemuan Baru! Olahraga Singkat Ini Ternyata Bisa Membantu Meredakan Kebiasaan Merokok

RK ONLINE - Merokok adalah kebiasaan yang mengandung berbagai zat berbahaya, dan dampaknya tidak hanya terbatas pada paru-paru, melainkan juga memengaruhi seluruh tubuh. Namun, para peneliti menemukan bahwa jalan cepat selama 10 menit bisa menjadi kunci bagi mereka yang ingin mengurangi keinginan merokok dan gejala penarikan nikotin.

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, Studi terbaru dari Universitas Innsbruck menyelidiki dampak olahraga dalam dan luar ruangan pada perokok yang ingin berhenti merokok untuk sementara waktu.

BACA JUGA:7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

Hasilnya mengejutkan dengan sesi jalan cepat selama 10 menit, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, mampu mengurangi keinginan ngemil dan gejala penarikan diri seseorang setelah merokok.

 

Penelitian ini melibatkan 16 perokok yang dibagi menjadi tiga kelompok. Mereka melakukan aktivitas berbeda setelah merokok semalaman: jalan cepat selama 10 menit di luar ruangan, jalan cepat di treadmill di dalam ruangan, atau hanya duduk selama 10 menit.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga singkat di dalam dan di luar ruangan secara signifikan mengurangi keinginan untuk merokok dan gejala penarikan diri segera setelah sesi tersebut. Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan antar kelompok setelah 20 menit, penemuan ini menunjukkan potensi olahraga sebagai bantuan saat berusaha berhenti merokok.

BACA JUGA:7 Tips Gym Agar Konsisten dan Membuat Hasil Terlihat Lebih Cepat

Para peneliti menyarankan agar studi lanjutan memfokuskan pada elemen yang mungkin bertanggung jawab atas pengurangan keinginan merokok dan gejala penarikan diri ini, apakah karena aktivitas fisik, lingkungan alam, atau keduanya. Ini dapat membuka jalan untuk strategi baru dalam membantu orang berhenti merokok dengan lebih efektif.

Sumber: