Pentingnya Mengkonsumsi Ikan Untuk Kecerdasan Otak Anak, Berikut ini Jenis Ikan yang Direkomendasikan

Pentingnya Mengkonsumsi Ikan Untuk Kecerdasan Otak Anak, Berikut ini Jenis Ikan yang Direkomendasikan

Pentingnya Mengkonsumsi Ikan Untuk Kecerdasan Otak Anak, Berikut ini Jenis Ikan yang Direkomendasikan/--www.freepik.com

Pentingnya Mengkonsumsi Ikan Untuk Kecerdasan Otak Anak, Berikut ini Jenis Ikan yang Direkomendasikan

RK ONLINE - Meningkatkan kecerdasan otak anak memerlukan perhatian khusus, dan salah satu caranya adalah melalui asupan makanan yang tepat, seperti ikan yang kaya akan omega-3. Jenis-jenis ikan tertentu memiliki manfaat besar dalam mendukung kecerdasan otak pada anak.

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports pada 2018 menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi ikan setidaknya seminggu sekali cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan skor tes IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi ikan.

BACA JUGA:Stop Konsumsi Makanan Ini, Kata dr Zaidul Akbar Dapat Memicu Penyakit dan Kanker

Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan seperti salmon, sarden, dan tuna telah terbukti terkait dengan peningkatan kecerdasan dan kualitas tidur yang lebih baik pada anak-anak.

 

Menurut Jennifer Pinto-Martin, salah satu penulis penelitian ini, penting bagi anak-anak untuk diperkenalkan pada konsumsi ikan sejak dini, dan anak-anak dapat mulai mengonsumsinya sekitar usia 2 tahun, terutama jika ikan tersebut tidak memiliki tulang dan telah dicincang halus.

 

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

BACA JUGA:7 Makanan yang Terbukti Meningkatkan Daya Ingat, Apa Saja?

- Salmon: Ikan salmon kaya akan nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan kecerdasan otak. Omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Kandungan vitamin B6, B12, niacin, zinc, dan zat besi dalam salmon juga penting untuk nutrisi otak.

 

- Kembung: Ikan kembung, yang memiliki rasa gurih dengan duri yang jarang, mirip dengan manfaat salmon dalam hal asam lemak omega-3. Ikan ini juga kaya protein, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber: