Tidak Lulus Seleksi, MenPANRB Anas Jamin Guru Honorer dan Non ASN Lainnya Diprioritaskan Tahun 2024

Tidak Lulus Seleksi, MenPANRB Anas Jamin Guru Honorer dan Non ASN Lainnya Diprioritaskan Tahun 2024

Tidak Lulus Seleksi, MenPANRB Anas Jamin Guru Honorer dan Non ASN Lainnya Diprioritaskan Tahun 2024/--menpan.go.id

Tidak Lulus Seleksi, MenPANRB Anas Jamin Guru Honorer dan Non ASN Lainnya Diprioritaskan Tahun 2024

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan kabar gembira kepada guru honorer yang tidak lolos dalam seleksi PPPK 2023.

 

Anas menegaskan bahwa seleksi PPPK 2024 mendatang akan tetap memberi prioritas pada guru honorer K2 dan non K-2, termasuk tenaga non-ASN. Selain itu, pemerintah juga akan membuka seleksi CPNS 2024 dengan kuota yang lebih besar, terutama untuk talenta-talenta digital dan para lulusan baru.

 

"Pengadaan Calon ASN (CASN) 2024 akan memberikan prioritas pada tenaga non-ASN, termasuk guru honorer K2. Fresh graduate juga akan mendapatkan porsi yang signifikan," ungkap Anas.

BACA JUGA:Berkat UU Nomor 20 Tahun 2023, Tenaga Honorer Lulusan SMA Berpeluang Jadi ASN 2024

Kebijakan pengadaan ASN pada tahun 2024 juga akan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar, terutama guru dan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

 

Proyeksi kebutuhan ASN 2024 akan difokuskan pada instansi pusat, daerah, dan lulusan sekolah kedinasan, Anas juga menekankan bahwa salah satu fokus utama pengadaan CASN tahun 2024 adalah untuk meratakan jumlah guru di daerah 3T, yaitu daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

 

"Khususnya untuk daerah 3T, guru honorer akan memiliki peluang lebih besar untuk diangkat menjadi PPPK," jelasnya.

BACA JUGA:Tahun 2024 Komisi II DPR RI Dorong Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PPPK

Anas juga telah melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait penyelesaian tenaga non-ASN. Rekrutmen CASN 2024 akan menyasar sekitar 1,6 juta honorer yang masih membutuhkan pengakomodasian.

Sumber: