Jalan Mundur, Gerakan Unggul Untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh

Jalan Mundur, Gerakan Unggul Untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh

Jalan Mundur, Gerakan Unggul Untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh/---www.shutterstock.com

Jalan Mundur, Gerakan Unggul Untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh

RK ONLINE - Gerakan mundur mungkin terdengar tak biasa, tetapi nyatanya, ini adalah langkah luar biasa untuk kesehatan Anda. Terapi fisik memasukkan gerakan ini karena membantu meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan.

 

Gaya berjalan mundur, juga dikenal sebagai jalan retro, telah melahirkan penelitian yang menunjukkan potensi manfaat luar biasa.

Sebuah studi pada Maret 2021 menemukan bahwa berjalan mundur di treadmill selama 30 menit selama empat minggu meningkatkan keseimbangan, kecepatan berjalan, dan kebugaran kardiopulmoner.

BACA JUGA:Jangan Dibiasakan, Bahaya! Simak Deretan Risiko Penggunaan Handphone Sebagai Alat Asuh Balita

BACA JUGA:Tetap Olahraga di Sela Kesibukan, Ini 7 Gerakan Ringan Yang Wajib Dilakukan

Beberapa ahli merekomendasikan memulai gerakan ini perlahan. Mulailah dengan lima menit beberapa kali seminggu.

Sebuah uji klinis di International Journal of Sport Medicine menunjukkan bahwa wanita yang melakukan program lari dan berjalan mundur selama enam minggu mengalami penurunan lemak tubuh dan peningkatan kebugaran kardiorespirasi.

 

Tak hanya itu, jalan mundur terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis lutut, nyeri punggung kronis, dan meningkatkan gaya berjalan. Bahkan, gerakan ini memperkuat pikiran Anda dan memperkuat kesadaran, karena otak Anda lebih terlibat saat bergerak secara berbeda.

 

Penelitian terhadap pasien stroke kronis menunjukkan bahwa orang lanjut usia yang menjadikan jalan mundur sebagai rutinitas juga mendapat manfaat, karena ini membantu keseimbangan.

 

Sumber: