Bisa Menyebabkan Kebakaran, Begini Dampak dan Berisiko Menyimpan Ponsel di Bagasi Motor

Bisa Menyebabkan Kebakaran, Begini Dampak dan Berisiko Menyimpan Ponsel di Bagasi Motor

Bisa Menyebabkan Kebakaran, Begini Dampak dan Berisiko Menyimpan Ponsel di Bagasi Motor/---www.boombastis.com

Bisa Menyebabkan Kebakaran, Begini Dampak dan Berisiko Menyimpan Ponsel di Bagasi Motor

RK ONLINE - Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula perangkat elektronik yang kita bawa setiap hari, termasuk ponsel. Namun, ada dampak berisiko yang sering diabaikan terkait kebiasaan menyimpan ponsel di dalam bagasi motor yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran.

 

Risiko Tersembunyi

Kebanyakan orang menyimpan ponsel di bagasi motor saat perjalanan karena kepraktisan. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa ponsel yang berada di dalam bagasi motor memiliki potensi bahaya. Ponsel memiliki baterai lithium-ion yang dapat menyebabkan kebakaran jika terjadi gangguan pada baterai tersebut.

BACA JUGA:Lengkapi Segera! Ini 5 Barang Penting Perlengkapan yang Wajib Ada di Dalam Bagasi Motor

Penyebab Kebakaran

Suhu ekstrem dan tekanan udara yang berubah-ubah di dalam bagasi motor dapat memengaruhi kondisi baterai. Jika terjadi kerusakan pada baterai atau terjadi percikan listrik yang tidak terduga, baterai bisa meledak atau menyebabkan kebakaran yang cepat menyebar.

 

Dampak Potensial

Kebakaran yang disebabkan oleh ponsel di bagasi motor bisa berdampak serius. Selain merusak motor dan barang bawaan, kebakaran ini juga dapat membahayakan keselamatan pengendara dan orang di sekitarnya. Dampak asap yang dihasilkan juga bisa mengganggu lalu lintas dan lingkungan sekitar.

 

Langkah Pencegahan

Untuk menghindari risiko ini, disarankan untuk tidak menyimpan ponsel di dalam bagasi motor saat berkendara. Lebih baik membawa ponsel di dalam tas atau saku yang lebih aman dan terlindungi. Selain itu, pastikan ponsel disimpan di tempat yang tidak terkena paparan langsung sinar matahari atau suhu yang ekstrim.

Sumber: