Seleksi CPNS 2024, Pemerintah Janjikan Lebih Banyak Kesempatan Bagi Fresh Graduate

Seleksi CPNS 2024, Pemerintah Janjikan Lebih Banyak Kesempatan Bagi Fresh Graduate

Seleksi CPNS 2024, Pemerintah Janjikan Lebih Banyak Kesempatan Bagi Fresh Graduate/---poltekpel-sby.ac.id

Seleksi CPNS 2024, Pemerintah Janjikan Lebih Banyak Kesempatan Bagi Fresh Graduate

RK ONLINE - Bagi para fresh graduate, kabar baik tengah mengemuka. Pemerintah memberikan janji akan memberikan kuota yang lebih besar pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, Hal ini merupakan kesempatan baru bagi mereka yang tahun ini tidak berhasil pada seleksi CPNS 2023.

 

Meskipun seleksi CPNS 2023 masih dalam proses, pemerintah telah memberikan isyarat terkait seleksi CPNS tahun depan. Hal ini dapat dianggap sebagai respon atas kekecewaan fresh graduate terhadap seleksi CPNS 2023 yang hanya memberikan kesempatan sebesar 20 persen.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas baru-baru ini melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu, 22 November 2023.

BACA JUGA:CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!

Salah satu topik yang dibahas adalah mengenai seleksi CPNS 2024. Sri Mulyani meminta Anas untuk merencanakan kebutuhan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun mendatang.

 

Anas menyampaikan bahwa pengadaan CPNS 2024 akan lebih banyak ditujukan untuk lulusan baru atau fresh graduate. Namun, Anas belum memastikan besaran kuota yang akan dialokasikan bagi fresh graduate pada seleksi CPNS 2024.

 

Dia mengakui adanya keluhan dari para fresh graduate terkait seleksi CPNS 2023 yang lebih banyak memberikan kesempatan bagi honorer dan Tenaga Harian Kerja (THK-2). "Kami mendapat keluhan serius dari rekan-rekan fresh graduate. 

BACA JUGA:Peluang Besar Calon ASN! KemenPANRB Rancang Perekrutan CPNS 2024

Dari total seleksi yang dilakukan, 80% diisi oleh honorer dan THK-2 karena ini sesuai dengan mandat anggota dewan, yang meminta penyelesaian terhadap honorer terlebih dahulu. Hanya 20% yang ditujukan untuk fresh graduate," ujarnya pada Senin, 13 November 2023, di Senayan, Jakarta.

Sumber: