Sayangi Kendaraan Anda, Catat Tips Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Sayangi Kendaraan Anda, Catat Tips Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Sayangi Kendaraan Anda, Catat Tips Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan/---freepik.com

Sayangi Kendaraan Anda, Catat Tips Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

RK ONLINE - Musim hujan telah tiba, dan bagi para pemilik kendaraan, ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan perhatian terhadap perawatan kendaraan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pemilik kendaraan merawat mobil atau motor mereka selama Musim hujan:

 

Cek dan Ganti Oli Secara Rutin

Oli yang bersih dan berkualitas tinggi sangat penting untuk melindungi mesin kendaraan dari aus dan keausan. Pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh produsen.

BACA JUGA:Dampak Cuaca Panas dan Terhadap Penguapan di Ruang Mesin Mobil, Benarkah?

Periksa Sistem Kelistrikan

Musim hujan seringkali membawa kelembapan tinggi dan hujan deras. Pastikan sistem kelistrikan kendaraan, termasuk busi, kabel busi, dan sistem pengisian, dalam kondisi baik untuk mencegah masalah kelistrikan.

 

Perhatikan Sistem Rem

Jalan yang licin dan basah dapat meningkatkan waktu pengereman. Pastikan sistem rem kendaraan Anda berfungsi dengan baik, termasuk kampas rem dan cairan rem. Ganti jika diperlukan dan pastikan tidak ada kebocoran.

 

Cek Ban dan Tekanan Udara

Ban yang aus atau kurang tekanan dapat mengurangi traksi pada jalan basah. Pastikan ban dalam kondisi baik dan sesuai dengan tekanan yang disarankan. Periksa juga kondisi ban cadangan dan alat pengganti yang diperlukan.

Sumber: