Seleksi CPNS 2023, Pahami Metode CAT dan Tahapan SKD dan SKB CPNS Berikut Ini

Seleksi CPNS 2023, Pahami Metode CAT dan Tahapan SKD dan SKB CPNS Berikut Ini

Seleksi CPNS 2023, Pahami Metode CAT dan Tahapan SKD dan SKB CPNS Berikut Ini/---bkd.sultengprov.go.id

Seleksi CPNS 2023, Pahami Metode CAT dan Tahapan SKD dan SKB CPNS Berikut Ini

RK ONLINE - Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), saat ini digunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Sistem ini dirancang untuk membantu menilai kemampuan peserta ujian sesuai dengan standar kompetensi minimal yang diperlukan.

 

Salah satu keunggulan utama penggunaan CAT adalah kemampuannya memberikan hasil ujian secara langsung setelah peserta menyelesaikan ujian. Hal ini memberikan kejelasan dan kepastian hasil yang diperoleh.

 

Penggunaan CAT juga memungkinkan monitoring aksi dan respons peserta pada setiap soal secara akurat, yang sangat bermanfaat dalam proses audit jika terjadi masalah atau kejadian tak terduga selama ujian.

BACA JUGA:Peserta CPNS dan PPPK 2023 Siap-Siap, Besok Ujian SKD dan Seleksi Kompetensi CPNS 2023 Dimulai

Untuk menjaga keterbukaan dan transparansi, pergerakan nilai peserta dari awal hingga akhir pengerjaan ujian dapat dipantau oleh semua pihak melalui kanal YouTube UPT BKN atau instansi masing-masing.

 

Proses seleksi CPNS terdiri dari tiga tahap, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Tahap awal, Seleksi Administrasi, bertujuan untuk memverifikasi kelengkapan dokumen yang diunggah oleh pelamar sesuai persyaratan. Tahap ini diawasi oleh panitia seleksi instansi.

 

Setelah lulus seleksi administrasi, peserta akan melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahap ini merupakan ujian pertama yang harus diikuti oleh peserta seleksi CPNS. SKD bertujuan untuk menilai kesesuaian kompetensi peserta dengan standar kompetensi dasar PNS.

BACA JUGA:Lakukan Tips Ini Segera, Kartu Ujian CPNS 2023 Langsung Bisa Dicetak!

SKD terdiri dari tiga bagian soal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sumber: