Keseringan Memotong Kuku Membahayakan Kesehatan, Simak Cara Memotong Kuku Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan

Keseringan Memotong Kuku Membahayakan Kesehatan, Simak Cara Memotong Kuku Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan

Cara memotong kuku yang baik dan benar agar tidak membahayakan kesehatan/Foto: Ilustrasi--Istimewah

Keseringan Memotong Kuku Ternyata Bisa Berbahaya, Simak Cara Memotong Kuku Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan Kuku

RK ONLINE - Tidak sedikit orang yang menganggap kalau memotong kuku, adalah hal yang sepeleh dan bisa dilakukan sesuka hati. Memang, memotong kuku adalah suatu keharusan dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan kuku dan anggota tubuh yang lainnya agar terhindar dari berbagai macam ancaman. Namun sebaliknya, jika keseringan memotong kuku malah bisa berbahaya juga untuk kesehatan.

BACA JUGA:Memang Nikmat, Tapi Ketahuilah Ini Dampak Minum Kopi Campur Durian Bagi Kesehatan

Ada banyak bahaya memotong kuku yang jika dilakukan bukan dengan cara memotong kuku yang baik dan benar. Tetapi jika membiarkan kuku panjang, tentunya juga dapat menimbulkan berbagai risiko yang juga sangat membahayakan seseorang, terutama saat beraktivitas normal. Ditambah lagi ada beberapa risiko lain yang sangat perlu untuk diketahui dari kebiasaan memanjangkan kuku. 

 

Diantaranya kuku panjang akan lebih gampang rapuh dan lebih mudah patah. Padahal jika sudah patah, dapat berakibat terhambatnya pertumbuhan kuku yang dapat berisiko berisiko kuku akan tumbuh ke dalam jaringan kulit atau yang lebih dikenal dengan sebutan cantengan.  

BACA JUGA:10 Fakta Menarik Penemuan Telaga Biru di Bengkulu Tengah, Fenomena Unik Mendadak Viral di Provinsi Bengkulu

Pada umumnya, orang memotong kuku beberapa kali dalam 1 bulan. Bahkan ada juga yang memilih untuk rutin memotong kuku hingga beberapa kali dalam 1 minggu. Alih-alih untuk kebersihan, keseringan memotong kuku ternyata bisa berbahaya.

 

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, memotong kuku tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan. Sebagai salah satu sarang bakteri jahat, kesalahan saat memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

BACA JUGA:Mau Cepat Kurus, Buruan Coba 5 Minuman Ajaib yang Sangat Ampuh Menurunkan Berat Badan Ini!

Pasalnya, kuku yang menyimpan lebih banyak bakteri di dalamnya, bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kuku seperti infeksi bakteri atau jamur kuku. Lantas seberapa sering memotong kuku yang baik untuk dilakukan?

 

Sering memotong kuku memang bagus untuk kebersihan. Hanya saja jika dilakukan terlalu sering, dapat menyebabkan kuku rapuh hingga gampang rusak. Karena ketika memotong kuku, kuku pada jari manusia akan mengalami tekanan dan gesekan yang cukup keras. 

Sumber: