Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari, Simak Tips Mudah Mengecek Kesehatan Mesin Mobil Bekas Sebelum Membeli

Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari, Simak Tips Mudah Mengecek Kesehatan Mesin Mobil Bekas Sebelum Membeli

Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari, Simak Tips Mudah Mengecek Kesehatan Mesin Mobil Bekas Sebelum Membeli/---freepik.com

Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari, Simak Tips Mudah Mengecek Kesehatan Mesin Mobil Bekas Sebelum Membeli

RK ONLINE - Membeli mobil bekas sering menjadi pilihan cerdas bagi banyak orang yang ingin memiliki kendaraan dengan anggaran terbatas. Namun, ketika memilih mobil bekas, kesehatan mesin adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, ada beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan tanpa perlu peralatan diagnostik khusus.

 

1. Performa yang Baik Saat Menanjak

Setelah memeriksa riwayat servis, Anda bisa langsung menguji mobil bekas yang ingin Anda beli. Salah satu cara sederhana adalah mencobanya di jalan menanjak. Menurut Auto2000, mesin yang sehat akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk mengatasi tanjakan dengan mudah.

BACA JUGA:Mengapa Tutup Tangki Bahan Bakar Mobil Ada yang di Kiri dan di Kanan Ternyata Ini Alasannya

2. Tidak Ada Indikasi Kebocoran pada Oli dan Bahan Bakar

Anda juga dapat memeriksa kaki-kaki atau daerah kolong mesin mobil untuk mengecek tanda-tanda kebocoran oli atau bahan bakar. Jika ada indikasi kebocoran, maka sebaiknya Anda waspada. "Kebocoran pada oli dan bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang besar," kata Auto2000.

 

3. Getaran Mesin dan Warna Asap Normal

Gejala lain dari mesin mobil bekas yang sehat adalah dari getaran dan warna asapnya. Mesin yang sehat tidak akan menghasilkan getaran berlebihan dan asap yang tebal saat kendaraan bergerak. "Jika warna asap kendaraan normal, itu menandakan mesin mobil dalam kondisi baik dan tidak menghasilkan emisi berlebihan," tambah Auto2000.

 

4. Lampu Indikator Tidak Menyala

Kendaraan modern yang menggunakan teknologi injeksi akan mengaktifkan lampu indikator saat ada masalah. Jadi, pastikan untuk memeriksa lampu indikator yang terletak di kluster instrumen atau speedometer. "Lampu indikator yang menyala menandakan ada masalah pada mesin," kata Auto2000.

Sumber: