Cuaca Panas Berdampak pada Kesehatan Mobil, Ini yang Wajib Diperhatikan!

Cuaca Panas Berdampak pada Kesehatan Mobil, Ini yang Wajib Diperhatikan!

Cuaca Panas Berdampak pada Kesehatan Mobil, Ini yang Wajib Diperhatikan!/---freepik.com

Cuaca Panas Berdampak pada Kesehatan Mobil, Ini yang Wajib Diperhatikan!

RK ONLINE - Cuaca panas yang terus berlanjut akibat musim kemarau panjang di sebagian wilayah Indonesia telah menghadirkan tantangan bagi mobil. Mobil bisa kesulitan menghadapi suhu udara yang tinggi, terutama saat harus berurusan dengan kemacetan lalu lintas. 

 

Oleh karena itu, ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan agar Anda dapat tetap berkendara aman di tengah cuaca panas yang ekstrem.

 

1. Radiator

Radiator berperan sebagai garda terdepan dalam menghadapi cuaca panas untuk mencegah mesin mobil dari overheating atau kepanasan berlebih. Radiator menggunakan udara dari sekitar mobil untuk mendinginkan cairan radiator yang mengalir di dalamnya.

BACA JUGA:Filter Bensin Mobil Kotor, Apakah Cukup Dibersihkan Saja atau Harus Diganti Baru? Ini Penjelasannya!

Namun, dalam kondisi cuaca panas yang ekstrem, mobil seringkali harus berhenti lama di tengah kemacetan, menghalangi pasokan udara segar ke radiator.

Ini bisa menghambat proses pendinginan cairan radiator. Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda menggunakan radiator coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan kondisi iklim tropis di Indonesia.

Pastikan juga kondisi radiator tidak bocor atau berkarat, dan sirip radiator tidak rusak. Selang dan sambungan radiator juga perlu diperiksa, karena ada risiko kebocoran.

 

2. Ban

Ban mobil adalah komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan yang sangat panas, terutama di siang hari.

Sumber: