Demi Kemudahan Tes SKD CPNS 2023, Ini Sistem yang Digunakan Pemerintah Dalam Pelaksanaannya

Demi Kemudahan Tes SKD CPNS 2023, Ini Sistem yang Digunakan Pemerintah Dalam Pelaksanaannya

Demi Kemudahan Tes SKD CPNS 2023, Ini Sistem yang Digunakan Pemerintah Dalam Pelaksanaannya/---www.menpan.go.id

Demi Kemudahan Tes SKD CPNS 2023, Ini Sistem yang Digunakan Pemerintah Dalam Pelaksanaannya

RK ONLINE - Kabar gembira bagi para calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2023! Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS akan kembali menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), membawa banyak keuntungan dalam proses seleksi.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), sistem CAT telah digunakan sejak tahun 2013.

BACA JUGA:Persiapan SKD CPNS, Peserta Seleksi CPNS 2023 Bisa Berlatih Melalui Simulasi CAT Ini

Apa Itu Sistem CAT BKN untuk Seleksi CPNS 2023?

Sistem CAT, yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), menawarkan proses seleksi CPNS yang lebih kompetitif, adil, obyektif, dan transparan.

Dengan CAT, peserta langsung dapat mengetahui nilai yang mereka peroleh setelah menyelesaikan tes. Hal ini juga memungkinkan masyarakat umum untuk memantau nilai peserta secara real-time melalui layar komputer yang tersedia.

 

Sebelum memasuki ruang tes, peserta akan melalui pemeriksaan identitas dan barang bawaan oleh petugas. Mereka hanya diperbolehkan membawa identitas dan kartu tes ke dalam ruang ujian.

BACA JUGA:Simulasi CAT SKD CPNS 2023 dan PPPK Telah Dimulai, Berikut Jadwal dan Langkahnya

Selain itu, setiap peserta akan menerima soal yang berbeda satu sama lain. Mereka akan memperoleh PIN dari petugas untuk mengakses soal SKD CPNS di dalam sistem CAT BKN.

 

Rincian Tes SKD CPNS 2023

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan garis besar tes SKD CPNS 2023 melalui Keputusan Menpan RB Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2023. Tes SKD CPNS akan mengujikan tiga jenis tes, yaitu:

Sumber: