Memahami Tes Kemampuan Manajerial Dalam PPPK 2023, Ikuti 18 Contoh Soal Latihannya Berikut Ini

Memahami Tes Kemampuan Manajerial Dalam PPPK 2023, Ikuti 18 Contoh Soal Latihannya Berikut Ini

Memahami Tes Kemampuan Manajerial Dalam PPPK 2023, Ikuti 18 Contoh Soal Latihannya Berikut Ini/---Youtube/@GuruKreatif40

Memahami Tes Kemampuan Manajerial Dalam PPPK 2023, Ikuti 18 Contoh Soal Latihannya Berikut Ini

RK ONLINE - Tes Kemampuan Manajerial adalah salah satu komponen penting dalam seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengelola tugas dan proyek, kepemimpinan, serta kemampuan manajerial lainnya yang diperlukan dalam lingkungan kerja pemerintahan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang Tes Kemampuan Manajerial dan menyajikan 18 contoh soal latihan untuk membantu Anda mempersiapkan diri.

 

Apa Itu Tes Kemampuan Manajerial?

Tes Kemampuan Manajerial adalah bagian dari seleksi PPPK yang dirancang untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan kandidat dalam berbagai aspek manajemen. Tes ini mencakup beragam topik seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan, pengambilan keputusan, dan manajemen sumber daya manusia.

BACA JUGA:Persiapan Uji Kompetensi, Berikut Ini Kisi-kisi Tes Kompetensi PPPK Kesehatan 2023

Tes Kemampuan Manajerial bertujuan untuk menilai sejauh mana seorang kandidat mampu mengelola tugas dan proyek dengan efisien dan efektif. Ini penting karena pegawai pemerintahan perlu memiliki kemampuan manajerial yang kuat untuk menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik.

 

18 Contoh Soal Latihan Tes Kemampuan Manajerial

Berikut adalah beberapa contoh soal latihan Tes Kemampuan Manajerial untuk membantu Anda memahami jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian sebenarnya. Jawaban dari masing-masing soal juga disediakan untuk membantu Anda memeriksa kinerja Anda.

 

Contoh Soal 1: Perencanaan

Seorang manajer sedang merencanakan pelaksanaan proyek besar. Apa langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses perencanaan?

a) Melakukan pengawasan proyek

Sumber: