Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Apa Itu Tahap Penarikan Data Final dan Pentingnya Masa Sanggah

Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Apa Itu Tahap Penarikan Data Final dan Pentingnya Masa Sanggah

Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Apa Itu Tahap Penarikan Data Final dan Pentingnya Masa Sanggah/---ilustrasi

Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Apa Itu Tahap Penarikan Data Final dan Pentingnya Masa Sanggah

RK ONLINE - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih berlangsung. Saat ini, seleksi nasional tersebut sedang memasuki tahap Pengumuman Masa Sanggah Perdana Administrasi, yang dimulai sejak tanggal 22 dan akan berakhir pada tanggal 28 Oktober 2023.

 

Berdasarkan surat edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023, tahap selanjutnya setelah pengumuman masa sanggah, yang akan berakhir pada tanggal 28 Oktober, adalah tahap Penarikan Data Final. Tahap ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 29-31 Oktober 2023.

BACA JUGA:Masa Sanggah CPNS 2023 Telah Berakhir, Ini Tahap Selanjutnya dalam Proses Seleksi CPNS Kejaksaan Agung

Jadwal penarikan data final akan diumumkan oleh setiap instansi yang terkait dalam proses seleksi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan tahap Penarikan Data Final dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023?

 

Penarikan Data Final

Penarikan data final dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023 adalah proses pengambilan data yang dilakukan oleh BKN dari instansi yang bersangkutan setelah mengumumkan hasil sanggah dari seleksi administrasi. 

 

Data yang diambil dalam tahap ini terdiri dari data pengumuman pra sanggah atau pengumuman administrasi awal dan data pasca sanggah pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

 

Penarikan data ini bertujuan untuk memudahkan penyelenggara atau panitia seleksi dalam menentukan siapa saja yang tidak lolos seleksi administrasi. Dengan data yang lengkap, panitia seleksi dapat dengan lebih efisien mengevaluasi hasil seleksi.

BACA JUGA:Apa Tahapan Selanjutanya CPNS dan PPPK 2023 Setelah Masa Sanggah?

Sumber: