Jangan Sampai Tidak Tahu, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Menguras dan Membersihkan Radiator

Jangan Sampai Tidak Tahu, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Menguras dan Membersihkan Radiator

Jangan Sampai Tidak Tahu, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Menguras dan Membersihkan Radiator/---freepik.com

Jangan Sampai Tidak Tahu, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Menguras dan Membersihkan Radiator

RK ONLINE - Radiators adalah komponen penting dalam sistem pemanasan rumah yang membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap nyaman saat cuaca dingin. 

 

Agar radiators berfungsi sebaik mungkin, perlu melakukan pemeliharaan berkala, termasuk menguras dan membersihkannya. Tetapi, kapan waktu yang tepat untuk melakukan tugas ini?

BACA JUGA:Jangan Asal Deal, Perhatikan Pertimbangan Penting Ini Sebelum Membeli Kendaraan Bermotor

1. Saat Musim Gugur atau Awal Musim Dingin

Musim gugur adalah waktu yang ideal untuk menguras dan membersihkan radiator. Pada saat ini, sistem pemanasan biasanya mulai digunakan lagi setelah beristirahat selama musim panas. Sebelum cuaca benar-benar dingin, pastikan radiator dalam kondisi baik untuk memastikan rumah tetap hangat dan nyaman.

 

2. Jika Radiator Menunjukkan Gejala Tertentu

Jika Anda melihat tanda-tanda radiator tidak berfungsi dengan baik, seperti suara gemuruh, bocor, atau terdapat hot spot yang mengindikasikan adanya endapan atau kerak, ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkan radiator. Mengatasi masalah segera dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan efisiensi pemanasan.

 

3. Selama Pengecekan Berkala

Radiator sebaiknya diperiksa secara berkala setidaknya sekali setahun. Anda dapat menjadwalkan pemeriksaan ini bersamaan dengan servis pemanasan sistem Anda. Jika selama pemeriksaan terungkap adanya masalah atau radiator terlihat kotor, segera lakukan pengurasan dan pembersihan.

BACA JUGA:Akhirnya Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Harganya Selangit!

Sumber: