Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional, Apoteker Kepahiang Resmikan Kampung ASK ME Dagusibu Desa Kampung Bogor

Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional, Apoteker Kepahiang Resmikan Kampung ASK ME Dagusibu Desa Kampung Bogor

Peresmian Kampung ASK ME Dagusibu di Desa Kampung Bogor, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang yang diselenggarakan Apoteker Kepahiang.--Istimewah

Berdasarkan petunjuk teknis Kampung ASK ME Dagusibu, bahwasanya PP IAI dalam program Gerakan Keluarga Sadar Obat (GKSO) dengan slogan Dagusibu, bertujuan supaya masyarakat mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar. Program GKSO ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan melalui pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu yang dapat dilaksanakan oleh jajaran PD dan PC IAI di seluruh Indonesia, dalam rangka memperingati World Pharmacists Day (WPD) yang diselenggarakan di Kota Ambon oleh PD IAI Maluku sebagai tuan rumah.

 

Merujuk pemaparan latar belakang pada kalimat diatas yang tertuang, petunjuk teknis dari PP IAI dalam pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu memiliki beberapa tujuan, yaitu:

1. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam menggunakan obat.

2. Meningkatkan dampak kehadiran dan kemanfaatan apoteker di komunitas 

3. Membuat program ikonik yang identik dengan apoteker (IAI) dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam menggunakan obat.

4. Memposisikan slogan/branding "Ingat Obat Ingat Apoteker" di benak masyarakat 

 

Ketua PD IAI Bengkulu, Yenny Fithriani mengungkapkan jika sesuai dengan intruksi yang ditetapkan, PD IAI Bengkulu berharap kalau kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial saja. Dia berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menjaring lebih banyak peserta yang tidak hanya dari satu desa saja, melainkan  juga melibatkan desa atau kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Kepahiang.

"Kita berharap jika dengan beragam program yang ada, mulai saat ini branding Apoteker dapat lebih dikenal masyarakat luas," harapnya. 


Peresmian Kampung ASK ME Dagusibu di Desa Kampung Bogor disambut dengan sangat antusias.--

Senada dengan PD IAI Bengkulu, Rospan Efendi dalam sambutannya juga menerangkan kalau peran Apoteker sangat penting, terutama dalam penggunaan obat yang meliputi Dagusibu. Dirinya berpendapat kalau Apoteker merupakan sahabat bagi keluarga Indonesia. Maka dari itu dirinya mengingatkan masyarakat Kabupaten Kepahiang, khususnya peserta yang hadir dalam kegiatan ini, agar tidak sungkan bertanya terkait obat kepada PCIAI Kepahiang.

"Jangan sungkan, silahkan bertanya tentang obat jika memang diperlukan. Karena PC IAI Kepahiang hadir di Kabupaten Kepahiang sebagai Apoteker Sahabat Keluarga atau disingkat ASK," tuturnya.

BACA JUGA:Bukan Digoreng! Ini Resep Mengolah Tempe dan Telur yang Baik dan Benar Meurut dr Zaidul Akbar

Seblum rangkaian kegiatan penutup seperti foto bersama diselenggarakan, panitia devisi data juga berperan langsung dalam memberikan kuisoner akhir kepada peserta yang dipandung langsung oleh MC dan panitia devisi acara yang dikoordinator, Apt. Eka Yunita, S. Farm, M.E. Melalui rangkaian kegiatan yang bertajuk Games Dagusibu ini, peserta yang berhasil terpilih mendapatkan doorprize langsung yang sebelumnya sudah disiapkan panitia. Beragam hadiah menarik yang mewarnai kegiatan ini, membuat tingkat antusias peserta menjadi semakin luar biasa. Tidak sedikit terlihat pancaran kebahagian dari wajah mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan dari penyelenggara. 

Sumber: