Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional, Apoteker Kepahiang Resmikan Kampung ASK ME Dagusibu Desa Kampung Bogor

Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional, Apoteker Kepahiang Resmikan Kampung ASK ME Dagusibu Desa Kampung Bogor

Peresmian Kampung ASK ME Dagusibu di Desa Kampung Bogor, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang yang diselenggarakan Apoteker Kepahiang.--Istimewah

RK ONLINE - Bertempat di Desa Kampung Bogor, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Sabtu 23 September 2023 Apoteker Kepahiang meresmikan Kampung Apoteker Sahabat Keluarga Melayani Edukasi cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, membuang obat dengan benar atau yang disingkat ASK ME Dagusibu.

Berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan ini diawali dengan tari persembahan dari Sanggar Ranah Sepayung SMA Negeri 04 Kepahiang. Dipandu oleh Marlin sebagai Master of Ceremony (MC), diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.

Sembari menunggu kedatangan Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Bengkulu, Apt. Yenni Fithriani, S.Si, M.PA beserta rombongan, kegiatan ini dibuka terlebih dahulu dengan pemaparan materi oleh Apt. Redo Apriyanto, S.Farm yang hadir dengan metode diskusi interaktif menggunakan alat bantu berupa brosur tentang Dagusibu.

BACA JUGA:CPNS 2023: Kenali Sistem Mekanisme Penilaian SKD dan SKB Seleksi CPNS

Bukan hanya itu saja, melalui dukungan dan suport dari Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfo Santik), rangkaian kegiatan peresmian Kampung ASK ME Dagusibu ini juga disertai dengan dialog interaktif. Di sini metode yang digunakan berupa zoom meeting, antara PD IAI Bengkulu dengan jajaran Pengurus Pusat (PP) IAI yang juga diikuti oleh segenap jajaran Pengurus Cabang (PC) IAI Kepahiang.


Penandatanganan komitmen bersama--

Rangkaian kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM, M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan, Rospan Efendi, SKM. Bukan hanya sebatas beberapa bait kata sambutan, peresmian secara simbolis kegiatan ini juga dilakukan oleh Rospan Efendi yang ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 3 kali. 

BACA JUGA:Cek Sekarang! Begini Cara Mengetahui Ciri-Ciri Nomor WhatsApp Anda Diblokir Orang Lain

Tidak hanya sampai di situ saja, dengan harapan dapat berkelanjutan dan berkesinambungan, kegiatan ini juga disertai dengan penandatanganan komitmen bersama jajaran stakeholder yang hadir. Mulai dari Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan, etua PD IAI Bengkulu, Camat Kepahiang, Herman Zamzari, S.PKP,M.P., Ketua PC IAI Kepahiang, Yosi Ermalena, S.Si, Apt, Kades Kampung Bogor yang diwikili oleh Kasi Pemerintahan, Ferdiansyah, kepala Puskesmas Pasar Kepahiang yang diwakili, dr Taufan, perwakilan Kadus, Suharto), ketua panitia dan perwakilan kader, Maya Sari.

 

Kemudian sebagai bentuk apresiasi dari wujud kerja sama yang baik dalam pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu ini, jajaran kepanitiaan juga memberikan cindera mata dalam bentuk plakat kepada Dinas Kesehatan dan Desa Kampung Bogor. Di sini plakat diberikan kepada Dinas Kesehatan oleh ketua PD IAI Bengkulu. Sedangkan plakat untuk Desa Kampung Bogor, diserahkan oleh ketua PC IAI Kepahiang. Selain itu, bentuk syukur terwujudnya Kampung ASK ME Dagusibu ini juga ditunjukan melalui pemotongan tumpeng yang dipimpin oleh Rospan Efendi.


Pemotongan Tumpeng--

Kampung ASK ME Dagusibu merupakan bentuk pengabdian apoteker dari jajaran PC IAI Kepahiang kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kbaupaten Kepahiang. Sebab selama ini, permasalahan di bidang obat dan penggunaan obat, selalu muncul dari tahun ke tahun. Mulai dari peredaran obat palsu, penyalahgunaan obat terhadap khasiatnya, kepanikan masyarakat dalam membeli obat dan masker seperti saat pandemi Covid-19 serta polemik sediaan sirup yang sempat diisukan, menjadi penyebab gagal ginjal akut. 

BACA JUGA:Termasuk Tembakau, dr Zaidul Akbar Ungkap Tanaman di Sekitar Rumah Ini Ampuh Mencegah dan Mengobati Kanker

Sumber: