Berbahaya! Berikut Ini Daftar Aplikasi di Google Play Store yang Jangan Sembarang Download

Berbahaya! Berikut Ini Daftar Aplikasi di Google Play Store yang Jangan Sembarang Download

daftar nama aplikasi jahat diplaystore/---freepik.com

Berbahaya! Berikut Ini Daftar Aplikasi di Google Play Store yang Jangan Sembarang Download

RK ONLINE - Para pemilik perangkat Android diingatkan kembali untuk berhati-hati terhadap sejumlah aplikasi yang diidentifikasi mengandung perangkat lunak berbahaya atau malware.

 

Peringatan ini datang setelah tim peneliti dari perusahaan keamanan siber, CloudSEK, menemukan sebanyak 193 aplikasi terinfeksi di Google Play Store.

 

Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa dari aplikasi ini telah diunduh lebih dari 30 juta kali secara kolektif, yang menunjukkan potensi bahayanya terhadap banyak pengguna Android.

BACA JUGA:Ini Alasan Penghapusan Tenaga Honorer Ditunda Hingga Desember 2023

Saat ini, Google sudah memiliki sejarah dalam menghapus aplikasi yang melanggar pedoman keamanan dan privasi. Namun, penjahat siber seringkali cepat bergerak dengan menciptakan aplikasi baru setelah yang lama dihapus.

 

Secara umum, banyak dari aplikasi berbahaya ini berada dalam kategori game atau permainan. Ini menjadi perhatian serius karena aplikasi permainan sering kali menarik perhatian anak-anak dan orang dewasa untuk mengunduhnya. Sayangnya, banyak aplikasi ini justru menyembunyikan malware yang dapat merusak perangkat Anda.

 

Peneliti CloudSEK mengingatkan bahwa bahkan aplikasi permainan yang dikembangkan dengan buruk cenderung hanya digunakan sebentar sebelum dihapus oleh pengguna. Namun, malwares yang terinfeksi di perangkat Anda masih berisiko mencuri informasi pribadi seperti pesan, foto, video, dan bahkan kata sandi.

 

Pemilik perangkat Android diimbau untuk segera memeriksa daftar berikut yang merinci beberapa aplikasi berbahaya yang perlu dihapus dari perangkat ponsel mereka:

Sumber: