Tips Memilih Aki Kendaraan Bermotor Agar Tahan Lama, Simak Juga Panduannya!

Tips Memilih Aki Kendaraan Bermotor Agar Tahan Lama, Simak Juga Panduannya!

Tips dan trik memperpanjang umur aki kendaraan/---freepik.com

4. Cek Tanggal Produksi

Periksa tanggal produksi aki sebelum membelinya. Semakin baru tanggal produksi aki, semakin baik kualitasnya. Jangan membeli aki yang sudah lama berada di rak toko karena umur pakainya mungkin sudah berkurang.

 

5. Pilih Merk Berkualitas

Merek yang terkenal dan memiliki reputasi baik biasanya menjamin kualitas aki yang lebih baik. Jangan ragu untuk memilih aki dari produsen yang telah terbukti menghasilkan produk yang awet dan andal.

 

6. Pastikan Kondisi Aki Sebelum Membeli

Sebelum membeli, periksa kondisi fisik aki secara keseluruhan. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan pada kabel dan terminal. Aki yang rusak atau bocor dapat mengakibatkan masalah serius pada kendaraan Anda.

BACA JUGA:Tren Rangka Patah pada Motor, Apa Penyebab Sebenarnya dan Cara Menghindarinya?

7. Garansi yang Memadai

Pilih aki yang dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi masalah pada aki dalam periode tertentu setelah pembelian.

 

8. Jaga Kesehatan Aki

Setelah memilih aki yang tepat, pastikan Anda juga menjaga kesehatannya. Cek secara berkala tingkat air aki (jika menggunakan aki basah), membersihkan terminal dari korosi, dan pastikan kendaraan Anda memiliki sistem pengisian daya yang baik.

 

Sumber: