Cukup Cabut Kunci Mobil, Aki Mobil Awet Anti Tekor dan Jauh dari Masalah

Cukup Cabut Kunci Mobil, Aki Mobil Awet Anti Tekor dan Jauh dari Masalah

Cukup Cabut Kunci Mobil, Aki Mobil Awet Anti Tekor dan Jauh dari Masalah/--www.istockphoto.com

Cukup Cabut Kunci Mobil, Aki Mobil Awet Anti Tekor dan Jauh dari Masalah

RK ONLINE - Penting bagi pemilik mobil untuk memastikan bahwa setelah memarkirkan mobil di garasi rumah, kunci kontaknya juga dicabut. Tindakan ini tidak hanya untuk menghindari risiko pencurian, tetapi juga untuk mencegah kerusakan pada aki mobil.

 

Aki mobil dapat mengalami masalah jika mobil dibiarkan dengan kunci dalam posisi kontak acc (Accessory), di mana beberapa sistem mobil tetap aktif seperti radio, power windows, atau power outlet yang dapat digunakan tanpa menghidupkan mesin. Meskipun tidak seaktif dalam posisi mesin menyala, posisi acc dapat mengonsumsi daya dari aki mobil.

BACA JUGA:Tips Mudah Memilih Mobil Keluarga yang Tepat

Menurut Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, kunci mobil yang tidak dicabut dalam posisi acc dapat membuat aki mobil tekor. 

 

"Kalau kunci kontak tidak dicabut dalam posisi acc akan mengakibatkan aki tekor, karena ada beberapa komponen kelistrikan yang bekerja," jelas Iwan.

 

Iwan juga menjelaskan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi jika posisi kunci sudah dalam posisi off. "Akan tetapi, jika kunci kontak tidak dicabut dalam posisi sudah off tidak akan mempengaruhi aki menjadi tekor, karena pada posisi off semua suplai kelistrikan dari aki sudah terputus," tambahnya.

BACA JUGA:Dengan Inovasi Terbaru, Samsung Terus Mendominasi Pasar Smartphone Indonesia

Dia menegaskan bahwa saat posisi off, walaupun kunci tidak dicabut, beberapa sistem yang membutuhkan kelistrikan seperti radio tidak akan menyala. "Semua kelistrikan disuplai mulai posisi acc, posisi off semua suplai kelistrikan juga off," jelas Iwan.

 

Namun, pada umumnya pengemudi yang lupa mencabut kunci mobil biasanya berada pada posisi acc sehingga kelistrikan masih tetap menyala. Oleh karena itu, penting untuk mengingatkan diri sendiri untuk selalu mencabut kunci mobil setelah memarkirkannya di garasi rumah.

Sumber: