Tips Memilih Aki Kendaraan Bermotor Agar Tahan Lama, Simak Juga Panduannya!

Tips Memilih Aki Kendaraan Bermotor Agar Tahan Lama, Simak Juga Panduannya!

Tips dan trik memperpanjang umur aki kendaraan/---freepik.com

Tips Memilih Aki Kendaraan Bermotor Agar Tahan Lama, Simak Juga Panduannya!

RK ONLINE - Aki merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, terutama pada sepeda motor dan mobil. Fungsi aki yang vital dalam menjalankan mesin serta menghidupkan berbagai sistem listrik membuat pemilihan aki yang tepat menjadi kunci agar kendaraan Anda tetap berjalan lancar dan tahan lama. 

 

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih aki kendaraan bermotor yang bisa membantu Anda dalam menghindari masalah dan memperpanjang umur aki:

 

1. Perhatikan Ukuran yang Tepat

Pastikan Anda memilih aki yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Aki yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memengaruhi kinerja kendaraan dan mengurangi masa pakai aki.

BACA JUGA:Tips Menjaga Sepeda Motor Tetap Prima, Nomor 5 Jarang Diperhatian Kaum Wanita

2. Periksa Kapasitas Aki

Kapasitas aki diukur dalam ampere-hour (Ah). Pilihlah aki dengan kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik kendaraan Anda. Lebih besar bukan selalu lebih baik, namun pastikan aki memiliki kapasitas yang mencukupi agar tidak terlalu cepat habis.

 

3. Perhatikan Jenis Aki

Ada beberapa jenis aki yang umumnya digunakan dalam kendaraan, seperti aki kering (maintenance-free) dan aki basah (wet-cell). Aki kering lebih mudah dalam perawatan dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

 

Sumber: